PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER II SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • I Wayan Reji Yasa .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis reinforcement dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V sd gugus I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus letkol wisnu yang berjumlah 440 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengundian yaitu siswa kelas V SD 1 Penatih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas VB SD 2 Penatih sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa dengan jumlah soal 30. Analisis data menggunakan metode statistik uji-t. Hasil pengujian menunjukan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis reinforcement dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen X ̅ = 55.81 > X ̅ = 47,67 pada kelas kontrol dan berdasarkan kreteria pengujian thitung = 2,371> ttabel = 2,00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis reinforcementIPA pada siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran kontekstual, berbasis reinforcement, hasil belajar IPA

This study aims to determine significant differences in science learning outcomes between students who learned with using contextual-based reinforcement learning approach and students who learned with conventional learning in class V sd group I Gusti Ngurah Rai academic year 2013/2014. This research is a quasi-experimental research design with Non-Equivalent Control Group research Design.Populasi in this study were fifth grade students of elementary Lieutenant Colonel Vishnu groups totaling 440 students. The samples in this study conducted by random sampling technique were randomized class to determine the experimental class and the control class with the results of the draw are fifth grade students of SD 1 Penatih as an experimental class numbering 32 students and class 2 SD VB Penatih as control classes totaling 30 students. Data collection methods used in this study using the test in the form of multiple choice objective test with the usual number of about 30. Analysis of the data using t-test statistical method. The test results showed no significant difference in learning outcomes between students that learned IPA using contextual learning model-based reinforcement learning approach and students who learned with conventional learning. This can be evidenced from the acquisition of the average value of the experimental class X ̅ = 55.81> X ̅ = 47.67 based on grade control and testing criteria of t = 2.371> table = 2.00 so H0 is rejected and Ha accepted. It can be concluded that the model-based learning approach to contextual learning in class V reinforcementIPA SD Force I Gusti Ngurah Rai academic year 2013/2014.
keyword : contextual learning approach, based reinforcement, learning outcomes IPA

Published

2015-05-18

How to Cite

., I. W. R. Y., ., D. S. P. M., & ., D. I. K. A. (2015). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS REINFORCEMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEMESTER II SD GUGUS I GUSTI NGURAH RAI DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014 . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4911