Media Pop-Up Book Berbasis Model Pembelajaran APACIN Meningkatkan Kemampuan Kefasihan Membaca Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49358Keywords:
Pop-Up Book, APACIN Model, Kemampuan membaca lancarAbstract
Membaca dengan lancar merupakan salah satu komponen penting yang harus dikuasai oleh siswa. Namun kenyataan dilapangan menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca lancar masih redah dan kurangnya media yang digunakan untuk membantu siswa membaca lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pop up book berbasis model pembelajaran APACIN untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan (R&D) yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yaitu dua orang dosen sebagai uji validasi media dan uji validasi materi, guru kelas, dan siswa kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan mengunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh skor nilai validasi dari para ahli, skor nilai dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata validasi ahli materi sebesar 94,55% dengan kategori sangat tinggi dan skor nilai dari uji validasi media memperoleh rata-rata validasi media sebesar 95,2% dengan kategori sangat tinggi. Hasil angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 85,2% dengan kategori sangat tinggi dan rata-rata validasi respon siswa 82,9 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pop up book berbasis model pembelajaran APACIN sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas 1 SD.
References
Agastya, N. L. P. M., Hati, G., & Machdum, S. V. (2018). Elemen-elemen pendukung proses assesment pada program pengembangan masyarakat untuk lingkungna kondusif bagi anak. Sosio Konsepsia, 8(01), 97–112. https://doi.org/https://doi.org/10.33007/ska.v8i1.1458. DOI: https://doi.org/10.33007/ska.v8i1.1458
Ahmad, I. F., & Sukiman, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Soal Ujian Akhir Siswa Kelas 6 Kmi Dalam Kelompok Mata Pelajaran Dirosah Islamiyah Di Pondok Modern Tazakka Batang. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 137–164. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-02
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120–6125. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Antara, I. G. W. S., & Dewantara, K. A. K. (2022). E-Scrapbook: The Needs of HOTS Oriented Digital Learning Media in Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 71–76. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.48533
Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559.
Aziz, A. (2011). Curriculum Development in Indonesian Education. Curriculum Development in Indonesian Education, 3(2). https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1312.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewantara, K. A. ., Artini, L. ., & Wahyuni, L. G. . (2022). Reading Related Activities in English Textbook and How the Texts are Exploited in the Classroom. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3). https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.48583. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.48583
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551.
Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458
Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Gemar Membaca Peserta Didik Melalui Model Predict Observe Explain Berbasis Literasi. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92–101. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863
Fauziyah, R., & Kurniawan, K. (2020). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 439–442. http://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1379.
Febrilio, Y. E., & Koeswanti, H. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran WAKER (Wayang Kertas) Berbasis Model Apacin untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8704–8710. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3912. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3912
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Hidayat, D., & Rohati, T. D. (2020). The Effect of Extensive Reading on Students Reading Comprehension. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 58–64. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7519. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7519
Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy conditions of reading, writing and calculating for elementary school students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429.
Koeswanti, H. D. (2021). “Apacin” Learning Model in Writing Poetry for Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(4). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.40763. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.40763
Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634. DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Mardiyanti, L., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/32/article/view/13565.
Nabila, S, Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.
Nabila, Shella, Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206
Prasarti, S., & Prakoso, E. T. (2020). Karakter dan perilaku milineal: peluang atau ancaman bonus demografi. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981. DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.11981
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Hots Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279
Rahman, S. A., & Manaf, N. F. A. (2017). A Critical Analysis of Bloom’s Taxonomy in Teaching Creative and Critical Thinking Skills in Malaysia through English Literature. English Language Teaching, 10(9), 245. https://doi.org/10.5539/elt.v10n9p245. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v10n9p245
Rusmono, & Alghazali, M. I. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 269–282. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13386
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 156–158. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/download/2802/2902.
Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Suharmono., K. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95. https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95. DOI: https://doi.org/10.26740/jpi.v1n1.p79-95
Taufik, I. N. (2014). Kajian Kesulitan Belajar Menulis Pada Siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Cihalimun Kec.Kertasari Kab.Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 35–43. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/deiksis/article/view/49.
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Weigel, F. K., & Bonica, M. (2014). An active learning approach to Bloom’s taxonomy: 2 games, 2 classrooms, 2 methods. U.S. Army Medical Department Journal. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=15240436&AN=95057314&h=m9GByG%2FpfckA%2Fn7ZJU4qqH3j5ZwwQunsVpP5zc3HfG6aPE72zKwiGcJw0RqBrFwKP4wWlTSMxpyrExWve0upzw%3D%3D&crl=c.
Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968
Youpika, F. (2021). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Untuk Materi ِDongeng Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pustaka Indonesia, 1(1), 56–64. https://www.siducat.org/index.php/jpi/article/view/264.
Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yosiana Eskris, Henny Dewi Koeswanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)