ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DI SDN 6 PANJER DALAM KEGIATAN MENGKOMUNIKASIKAN PEMBELAJARAN TEMA CITA-CITAKU DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013

Made Ayu Mas Yunitasari ., DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. ., Ida Bagus Gede Surya Abadi, SE., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan siswa kelas IV di SDN 6 Panjer dalam kegiatan mengkomunikasikan pembelajaran tema cita-citaku dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa kelas IV di SDN 6 Panjer dalam kegiatan mengkomunikasikan pembelajaran tema cita-citaku dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN 6 Panjer. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam kegiatan mengkomunikasikan pembelajaran tema cita-citaku dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan siswa dalam kegiatan mengkomunikasikan sudah ditemukan kompetensi sikap jujur sebesar 91,5%, sikap teliti sebesar 40,05%, sikap toleransi sebesar 86,4%. mengembangkan kemampuan berpikir sistematis sebesar 55,05%, kemampuan mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas sebesar 40,05%, dan kemampuan berbahasa yang baik dan benar sebesar 47,3%. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam kegiatan mengkomunikasikan adalah faktor internal (inteligensi, kebiasaan belajar, kecemasan, dan motif) dan eksternal (pribadi dan sikap guru, dan lingkungan sosial siswa di sekolah).
Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan siswa dalam kegiatan mengkomunikasikan sudah mendekati kompetensi sikap jujur, toleransi, dan mengembangkan kemampuan berpikir sistematis. Namun belum mendekati kompetensi sikap teliti, mengembangkan kemampuan mengungkapkan pendapat singkat dan jelas dan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam kegiatan mengkomunikasikan adalah faktor internal dan eksternal.
Kata Kunci : Kemampuan siswa, kegiatan mengkomunikasikan, pendekatan saintifik, dan kurikulum 2013.

This study aimed to described (1) students’s ability of class IV SDN 6 Panjer in communication activities learning theme cita-citaku with scientific approach on curriculum 2013 and (2) factors that influenced students’s ability of class IV SDN 6 Panjer in communication activities learning theme cita-citaku with scientific approach on curriculum 2013. This study was a descriptive. The subject of this study were student of class IVA and IVB SDN 6 Panjer. This study focused on students's ability in communication activities learning theme cita-citaku with scientific approach on curriculum 2013. Data collection technique used were observation, documentation, and interview. The analysis technique used in this study was descriptive qualitative.
The results of this study showed (1) student's ability in communication activities learning had been found competence honest attitude by 91.5%, conscientious attitude by 40.05%, tolerance attitude by 86.4%. Develop the ability to think systematically by 55.05%, the ability to express briefly and clearly opinions by 40.05%, and language ability were good and right by 47.3%. Factors that influenced of students’ ability in communication activities were internal (intelligence, study habits, anxiety, and motif) and external (personality and attitudes of teachers and social environment of students in the school).
Thus it could be concluded students’ ability of class IV SDN 6 Panjer in communication activities had approached competence honest attitude, tolerance, and develop the ability to think systematically. But it had not approached competence conscientious attitude, develop the ability to express briefly and clearly opinions and language ability were good and right. Factors that influenced students's ability in communication activities were internal factors and external factors.
keyword : Students’ ability, communication activities, scientific approach, and on curriculum 2013.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.