PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IVA SD NEGERI 26 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Putu Pitri Widnyani .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4943

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dan (2) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 26 Pemecutan yang berjumlah 38 siswa tahun pelajaran 2014/2015. Data hasil belajar IPS dan kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus diperoleh persentase rata-rata hasil belajar IPS yaitu 63,29% dikategorikan rendah dengan ketuntasan klasikal mencapai 60,53%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I, persentase rata-rata hasil belajar IPS menjadi 74,60% dikategorikan sedang dengan ketuntasan klasikal mencapai 71,05%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,10% dikategorikan tinggi dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,58%. Sementara itu, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I yaitu 82,50 dengan kategori di bawah rata-rata dan pada siklus II meningkat menjadi 90,89 dengan kategori rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IVA SD Negeri 26 Pemecutan tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : pendekatan saintifik dengan penilaian proyek, hasil belajar IPS, dan kemampuan berpikir kreatif.

The aimed of this study was (1) to improve the students’ learning outcomes of social science through the implementation of scientific approach with project assessment and (2) to improve the students’ creative thinking ability through the implementation of scientific approach with project assessment. This study was classroom action research in two cycles. The subjects of the study were the students of class IVA of SD Negeri 26 Pemecutan that were consisted of 38 students in academic year 2014/2015. The data of learning outcomes of social science and creative thinking ability were gathered by test. The data have gathered were analyzed by quantitative descriptive statistical analysis. The results of this study show that in pre cycle is obtained the percentage of learning outcomes of social science is 63,29% in low criteria with the classical completeness is 60,53%. When repaired the learning process in first cycle the percentage of learning outcomes of social science to be 74,60% in medium criteria with the classical completeness is 71,05%. In second cycle, it improves to be 84,10% in high criteria with the classical completeness is 81,58%. Meanwhile, the average of creative thinking ability in first cycle is 82,50 in below average criteria. It improves in the second cycle to be 90,89 in average criteria. Based on the results of study, it can be concluded that the implementation of scientific approach with project assessment can improve the students’ learning outcomes of social science and creative thinking ability the students of class IVA of SD Negeri 26 Pemecutan in academic year 2014/2015.
keyword : scientific approach with project assessment, the learning outcomes of social science, and creative thinking ability.

Published

2015-05-26

How to Cite

., N. P. P. W., ., D. I. M. S. M., & ., D. I. K. N. W. M. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IVA SD NEGERI 26 PEMECUTAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4943

Issue

Section

Articles