PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IVA SDN 1 UBUNG

Authors

  • I Dewa Ayu Yustiawati .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4960

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia tema cita-citaku melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dan (2) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tema cita-citaku melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 1 Ubung yang berjumlah 37 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia adalah 2,62 (66%) “sedang” dan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 3,43 (86%) kategori “tinggi” dan ketuntasan klasikal yaitu 86%, sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. (2) Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif yaitu 2,63 (66%) kategori “cukup kreatif”. Pada siklus II nilai rata-rata yaitu 3,43 (86%) kategori “kreatif, sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia dan kemampuan berpikir kreatif tema cita-citaku siswa kelas IVA SDN 1 Ubung.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, penilaian proyek, keterampilan berbicara, kemampuan berpikir kreatif

This classroom action research aimed (1) to improvement of speaking skills in Indonesian theme cita-citaku through the application of scientific approach to project assessment and (2) can improvement of the ability to think creatively theme cita-citaku through the application of scientific approach to project assessment. The subjects of this study were IVA students of SDN 1 Ubung amounting to 37 people. The method of data collection used in this research was testing method. The methods of data analysis were using descriptive quantitative and qualitative analysis methods. The results of this study were (1) In the first cycle the average value speaking skills in Indonesian was 2.62 (66%) "medium" category and 65% classical completeness. In the second cycle the average value was 3.43 (86%) "high" category and the classical completeness was 86% so, there was an increase from the first cycle to the second cycle. (2) In the first cycle average value ability to think creatively was 2.63 (66%) the category of "creative enough". In the second cycle the average values was 3.43 (86%) "creative" category so, there was an increase from the first cycle to the second cycle. It can be concluded that, the application of scientific approach to project assessment can increase students’s speaking skills in Indonesian theme cita-citaku and the abilities to think creatively in IVA grade students of SDN 1 Ubung.
keyword : scientific approach, project assessment, speaking skills, ability to think creatively

Published

2015-05-29

How to Cite

., I. D. A. Y., ., D. N. N. G. M., & ., D. I. K. A. P. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INDONESIA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IVA SDN 1 UBUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4960

Issue

Section

Articles