Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Rahmy Fadilla Irman Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia
  • Zubaidah Amir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia
  • Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49818

Keywords:

Self Confidence, Hasil belajar, matematika

Abstract

Matematika sering dikatakan oleh kebanyakan siswa merupakan pelajaran yang susah dan banyak siswa tidak suka pada pelajaran matematika, sehingga hasil belajar matematika siswa bervariasi. Salah satu faktor psikologi yang ada pada diri seseorang adalah self confidence. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar di kelas empat pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu korelasional untuk menarik kesimpulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang berasal dari kelas IV. Pengambilan data menggunakan kuesioner tentang tingkat kepercayaan diri partisipan digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Sedangkan hasil belajar matematika siswa ditentukan berdasarkan nilai semesternya. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistic inferensial. Metode analisis data menggunakan uji product moment dengan bantuan SPSS 16. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara self confidence dengan hasil belajar matematika siswa. Dengan korelasi sedang sebesar 0,662 dapat dikatakan bahwa hasil belajar matematika siswa akan lebih rendah jika tingkat kepercayaan diri siswa lebih rendah, dan sebaliknya jika tingkat kepercayaan diri siswa tinggi maka hasil belajar matematika mereka akan lebih tinggi. Implikasi pada penelitian ini yaitu guru bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa dari salah satu faktor internal yaitu kepercayaan diri siswa.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Apriansyah, B., Sulaiman, & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi Motivasi, Kerjasama, Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Atlet Sekolah Sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101–107. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17358.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4152.1-12. DOI: https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.121

Arnasih, W., & Hartaya, K. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Matematika Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sd Negeri Tegalwaru 03 Ciampea. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 53–66. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.483. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.483

Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78.

Faturohman, I., Iswara, E., & Gpzali, S. M. (2022). Self-Confidence matematika siswa dalam penerapan pembelajaran online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1048. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1048

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3, 34–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118.

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678

Fransiska R., Dessy T. R., A. K. (2016). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Vox Edukasi, 7(1), 51–66. https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.64.

Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i1.293. DOI: https://doi.org/10.36815/majamath.v2i1.293

Hariyani, M. (2014). Konsep Dasar Matematika. Benteng Media.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Hasibuan, H. Y., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang., 4(1). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skils Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hijrihani, C. P., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9091.

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika, 10(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113.

Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.8

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Najicun, M., & Winarso, W. (2017). Hubungan persepsi siswa dengan gaya mengajar guru matematika dengan hasil belajar matematika Najichun , Mohamad and Winarso , Widodo. Jurnal Psikologi Undip, 15(2), 139–146. https://doi.org/10.14710/jpu.15.2.143-150. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.15.2.143-150

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229

Nurkhofifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara self Condicence dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edumatica, 08(April), 58–66. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p29-36. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p29-36

Nurlaela, E., Mustofa, R. F., & Ardiansyah, R. (2021). Hubungan Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Respirasi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(2), 77–84. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22850. DOI: https://doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22850

Nurrahmi, A., Witri, G., & Syahrilfuddin. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7354. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7354

Pamungkas, A. S., & Yani Setiani. (2017). Peranan Kemampuan awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahapeserta didik. Jurnal Matematka Kreatif-Inovatif, 8(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866

Pramesti, P., & Karimah, N. I. (2022). Profil self confidence siswa SMP kelas IX dalam pembelajaran matematika online pada masa pandemi. Aksioma :Jurnal Matematika dan pendidikan matematika, 13(1), 85–91. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.9017.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. 12(1), 40–47. https://doi.org/10.30829/alirsyad.v12i1.11935. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935

Rangkuti, R. K., Ramli, M., & Nasution, M. I. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-Stad Terintegrasi ICT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282

Sari, V. A., & Nasution, N. B. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar dan Self confidence terhadap hasil Belajar Matematika SMP Negeri 10 Pekalongan. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 78–88. https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5110. DOI: https://doi.org/10.28918/circle.v2i01.5110

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74

Siregar, V., Suyadi, S., & Dian purnama Putri, R. (2021). Penerapan Humanistik Melalui Non Verbal Reinforcement ditinjau Dari Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 56. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31479. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31479

Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139

Sopiah, P., Erlin, E., & Amam, A. (2022). Hubungan self confidence dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(2), 476–482. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i2.22850. DOI: https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i2.6956

Suci, V. O. R., Melisa, & Hamdunah. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri Siswa dengan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jurnal horizon pendidikan, 1(4), 601–613. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i4.5188. DOI: https://doi.org/10.22202/horizon.v1i4.5188

Wiguna, N. A., & Wulandari, G. A. W. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 422–431. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Irman, R. F. ., Amir, Z. ., & Risnawati. (2022). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 483–489. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49818

Issue

Section

Articles