PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MATEMATIKA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Luhde Sepdania Wati .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan matematika antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan konkret (faktual) dan siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan abstrak (imajinatif) siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain the static group pretes posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus Untung Surapati yang berjumlah 228 siswa. Teknik random sampling dipergunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengundi kelas-kelas yang setara sehingga diperoleh sampel SDN 4 Sumerta dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok A dan SDN 9 Sumerta dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok B. Data hasil belajar pengetahuan matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh |thitung| = 3,97 > ttabel = 1,66 dengan db =72 dan taraf signifikansi 5%. Pada nilai rata-rata hasil belajar kelompok A diketahui lebih tinggi yaitu 71,56 dibandingkan dengan kelompok B yaitu 56,03. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan matematika antara kelompok yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan konkret (faktual) dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan abstrak (imajinatif). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik ditinjau dari karakteristik pertanyaan konkret (faktual) lebih berpengaruh dibandingkan pendekatan saintifik ditinjau dari karakteristik pertanyaan abstrak (imajinatif) terhadap hasil belajar pengetahuan matematika tema Cita-citaku siswa kelas IV SD gugus Untung Surapati tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, pertanyaan konkret (faktual), pertanyaan abstrak (imajinatif), hasil belajar pengetahuan, matematika

This study aimed to determine significances differences between the outcome of mathematics that learned through scientific approach by using concrete questions (factual) and the students that learned through scientific approach by using abstract questions (imaginative) in class 4 SD Gugus Untung Surapati Academic Year 2014/2015. This type of this research is pre-experimental design with the static group pretest-posttest design. The population in this study are all fourth grade students in Gugus Untung Surapati totaling 228 students. Random sampling technique is used in this research by the way of raffle equivalent classes in order to obtain samples of SDN 4 Sumerta with 36 students as group A and SDN 9 Sumerta with 38 students as group B. Mathematics learning outcomes data were collected by using an objective test regular multiple choice. Furthermore, the data were analyzed by t-test. Based on the t-test results obtained thit = 3.97> ttable = 1.66 with db = 72 and a significance level of 5%. On average value of learning outcomes known to be higher in group A is 71.56 compared with group B is 56.03. This means that there are significant differences between the learning outcomes of Mathematics group that learned through scientific approach by using concrete (factual) questions and groups of students that learned through scientific approach by using abstract questions (imaginative). It can be concluded that the scientific approach in terms of the characteristics of concrete questions (factual) is more influential than scientific approach in terms of the characteristics of an abstract question (imaginative) on learning outcomes mathematical theme Cita-citaku in class 4 SD Gugus Untung Surapati Academic Year 2014/2015.
keyword : scientific approach, concrete question (factual), abstract questions (imaginative), learning outcomes, Mathematics

Published

2015-06-08

How to Cite

., L. S. W., ., D. I. W. D., & ., D. I. W. R. S. M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MATEMATIKA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5004