Literasi Membaca dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750Keywords:
Reading Literacy, Learning Outcomes, IndonesianAbstract
Literasi digunakan sebagai proses pembelajaran agar lebih efektif disekolah, agar membuat siswa lebih terampil dalam mencari dan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini dilatarbelakangi atas berbagai permasalah yang terjadi dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan literasi membaca dan pengaruhnya terhadap hasil kemampuan belajar Bahasa siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi wakil kepala sekolah, wali kelas IV, dan siswa kelas IV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh penelitian ini adalah mengunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman berupa reduction, display, dan conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian menunjukkan proses penerapan pembiasaan literasi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pelaksanan pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema 5 pahlawanku, dalam mengembangkan pembiasaan literasi membaca guru mengajarkan menyesuaikan metode dan media pembelajaran yang akan membuat siswa lebih memahami materi pahlawanku. Pada tahap pengembangan pembiasaan literasi membaca pada tema 5 pahlawanku dilaksanakan baik oleh siswa kelas IV sekolah dasar.
References
A.Ghani, A. R. (2020). Dunia Pendidikan Ditengah Pandemi Informasi. KabarPendidikan.
Abdiyah, L., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 127–136. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838. DOI: https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraini, D. T., & Efendi, U. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas I SD. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602
Asfihana, R. (2022). Students ’ English Learning Experiences on Virtual Project -Based Learning Instruction. International Journal of Language Education, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i2.20506. DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v6i2.20506
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring obstacles in language learning among prospective primary school teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249–254. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700
Bao, L., & Koenig, K. (2019). Physics education research for 21 st century learning. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8. DOI: https://doi.org/10.1186/s43031-019-0007-8
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788. DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412.
Fitriani, Y., & Azis, I. A. (2019). Literasi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(1), 100. https://doi.org/10.22219/.v3i1.2592.
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493
Halim, F., Tresnadewi, S., & Widiati, U. (2021). Patterns of Stress and Resilience Experienced by Junior High School Teachers. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1885–1897. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/15167. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15167
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah : Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi. BASA TAKA Universitas Balikpapan, 1(2), 29–34. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34. DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34
Ismiati, M. B., & Andayani, S. (2021). Perbandingan Pengalaman-Preferensi Mahasiswa pada Pembelajaran Online vs Face to Face. Jurnal Buana Informatika, 12(1), 31. https://doi.org/10.24002/jbi.v12i1.4276. DOI: https://doi.org/10.24002/jbi.v12i1.4276
K, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261. DOI: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Khofifah, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Literacy conditions of reading, writing and calculating for elementary school students. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(3), 342–349. https://doi.org/10.23887/jere.v5i3.37429.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Listiani, L., & Kusuma, A. E. (2017). Memperkenalkan Penerapan Strategi Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(1), 1. https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235. DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235
Listiyana Dwi, I. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Metode Investigasi Kelompok Pada Siswa SMP. Parole,Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1011030&val=15323&title=PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA SMP. DOI: https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5081
Lukito, C. S., Santoso, A. B., & Arifien, M. (2019). Geo Image ( Spatial-Ecological-Regional ) Analisis Daya Dukung Wisata Kota Lama untuk Pengembangan Wisata Budaya. Geo-Image, 8(1), 64–70. https://doi.org/10.15294/geoimage.v8i1.29654.
Mardiana, H. (2020). Lecturers’ Adaptability to Technological Change and Its Impact on The Teaching Process. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 275–289. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.24595. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.24595
Mardiyanti, L., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227
Miles, M. B., A, M. H., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis; A Methode Sourcebook (Third Edit). Arizona State University.
Mujianto, G. (2020). Humanisasi pembelajaran keterampilan berbahasa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://eprints.umm.ac.id/86642/.
Najafi, M., Shahrokhi, M., Shojaee, M., & Atharizadeh, M. (2021). A Comparative Study of The Effect of Humor Strategies on Iranian EFL Learners’ Vocabulary Learning. International Journal of Language Education, 5(4), 382–395. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i4.15138. DOI: https://doi.org/10.26858/ijole.v5i4.15138
Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.
Puteri, A., Fendhansyah, M., & Murjaidah. (2022). Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070
Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi Pq4R Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13
Rintaningrum. R. (2019). Explaining the Important Contribution of Reading Literacy to the Country’s Generations: Indonesian’s Perspectives. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 936–953. https://www.ijicc.net/images/Vol_5_Iss_3/Part_2_2020/5310_Ratna_2019_E_R.pdf.
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575
Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214–235. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214. DOI: https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p214
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.g14714.
Susanti, A., & Kristin, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Google classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 367. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39658. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39658
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 8, Issue 2, pp. 83–91). https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tegeh, I. M., Astawan, I. G., Sudiana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Murder Learning Model Assisted By Metacognitive Scaffolding To Improve Students’ Scientific Literacy and Numeracy Skills Through Science Studies in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(4), 618–626. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.32926. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.32926
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1799.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.240.2019. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.240.2019
Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Julita Noveliana, Abdul Rahman Ghani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)