PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN FAKTUAL PADA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PEGUYANGAN

Authors

  • Ni Made Lana Astiti .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5099

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar pengetahuan matematika melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio pada tema cita-citaku siswa Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan Tahun Pelajaran 2014/2015 dan (2) meningkatkan pengetahuan faktual melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio pada tema cita-citaku siswa Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes bentuk esai dan metode observasi. Data hasil belajar pengetahuan matematika dan pengetahuan faktual dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar pengetahuan matematika meningkat 14,18 dari X = 61,72 pada siklus I menjadi X = 75,90 pada siklus II, dan ketuntasan klasikal hasil belajar pengetahuan matematika meningkat 31,04% dari 51,72% pada siklus I menjadi 82,76% dari jumlah siswa 29 pada siklus II, (2) nilai rata-rata pengetahuan faktual meningkat 15,00 dari X = 63,80 pada siklus I menjadi X = 78,80 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan matematika dan pengetahuan faktual pada tema cita-citaku siswa kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan.
Kata Kunci : pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio, hasil belajar pengetahuan matematika, dan pengetahuan faktual

This classroom action research aims to (1) improve learning results through the application of mathematical knowledge of students the scientific approach to portfolio assessment based on the theme of “cita-citaku” School Fourth Grade 3 Peguyangan academic year 2014/2015 and (2) increase the students' factual knowledge through the application of scientific approaches portfolio assessment based on the theme of “cita-citaku” School Fourth Grade 3 Peguyangan academic year 2014/2015. Subjects in this study were 29 fourth grade students of SD Negeri 3 Denpasar District North Peguyangan. Data collection method used in this research is the method of testing and observation. In the test method used instrument is an essay test, whereas the method of observation instruments used were observation sheet. Data were analyzed using descriptive analysis of quantitative and qualitative descriptive analysis. The results showed that (1) an increase in the average value of mathematical knowledge learning resultsby 14.18 from X = 61.72 to X = 75.90 on the first cycle to second cycle, and an increase in classical completeness knowledge of mathematics learning resultsby 31.04% from 51.72% to 82.76% on the first cycle to second cycleof the total students, (2) an increase in the average value of factual knowledge by 15.00 from X = 63.80 to X = 78.80 on the first cycle to second cycle. Based on these results it can be concluded that the application of the scientific approach to portfolio-based assessment to improve learning results and factual knowledge of mathematical knowledge of students on the theme of “cita-citaku pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan Tahun Pelajaran 2014/2015”.
keyword : scientific approach based portfolio assessment, learning results of mathematical knowledge, and factual knowledge

Published

2015-07-01

How to Cite

., N. M. L. A., ., D. N. W. S. M., & ., D. I. W. W. S. M. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN FAKTUAL PADA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PEGUYANGAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5099