Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036Keywords:
Parental Support, Learning Motivation, Elementary SchoolAbstract
Dukungan orang tua sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan anak. Dukungan orang tua dan motivasi belajar memegang peranan penting dalam proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah orang tua dan siswa kelas 9. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua orang tua memberikan dukungan terhadap motivasi belajar siswa. Dukungan diwujudkan dalam bentuk dukungan emosional, penghargaan, instrumental dan informatif. Namun, dukungan instrumental seperti mendampingi anak saat belajar dan memenuhi kebutuhan belajar belum maksimal. Orang tua hanya memanfaatkan fasilitas belajar dari sekolah. Selain itu, keterbatasan ekonomi menjadi penyebab tidak terpenuhinya kebutuhan belajar anak. Kemudian dukungan informasi seperti memberikan arahan kepada anak ketika mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini dikarenakan orang tua kurang memahami materi pelajaran dan sibuk bekerja. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam membantu mengembangkan potensi anak. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang maksimal agar anak termotivasi untuk belajar.
References
Agustina, L., & Damayant, L. (2021). Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bitahan 2 Rantau. Jambura Elementary Education Journal, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.37411/jambura%20elementary%20education%20journal.v2i2.1120.
Ahmadi., Abu., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.
Alamiyah, S., S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 97–110. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.
Anurraga, H., H. (2019). Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik usia 6-12 tahun (studi kasus pada program home visit di homeschooling sekolah dolan malang). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/36/article/view/26468.
Arianti. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Jurnal Kepemdidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828
Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M., Aceh, D. B., & Banda, D. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 27–35. http://www.e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8404.
Fawzyah, F., Yulhendri, Y., & Sofya, R. (2019). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Optimisme Masa Depan Terhadap Motivasi Beprestasi Siswa Ekonomi. Jurnal Ecogen, 2(2), 176. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7310. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7310
Hamidah, S., & Putra, E., D. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 302–308. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39024
Harahap, S., A., Dimyati., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hartuti, P., M. (2015). Peran Konsep Diri, Minat dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Terhadap Presatasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329
Hero, H., & Sni, M., E. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Ilegetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 01(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568. DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Jafar, M., I., Irfan, M., & Askal, M., I. (2022). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30977. DOI: https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.30977
Junianto, D., & Wagiran. (2013). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru, Keterlibtan Orang Tua, Aktualisasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 307–319. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Krismony, N., P., A., Parmiti, D., P., & Japa, I., G., N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51
Lestari, P. A. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176–181. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Edureligia, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran. 3M Media Karya Serang.
Malwa, R., U. (2017). Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islam, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758. DOI: https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.904
Mulyadi., Syahid, A., Kafrawi, K., Ilyas, M., & Liriwati, F., Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1375–1386. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021
Prasetya, B. (2020). Manajemen Teaching Factory Pada Era Industri 4 . 0 di Indonesia. Jurnal Bisnis & Teknologi, 12(01), 12–18. http://45.118.112.109/ojspasim/index.php/jbt/article/view/195.
Purnamawati, W., & Kustiawan, A. (2018). Implementasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Peserta Didik. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804. DOI: https://doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1804
Rahimi, W., Bahri, S., & Fajriani. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 114–120. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/9086.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rosmalah. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 232–236. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20225. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20225
Rosmalinda, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(I), 64–75. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6848
Rukmini, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran Investigasi kelompok terhadap peningkatan pembelajaran Tari Japin Kuala siswa kelas X SMA PGRI 3 Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.338. DOI: https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.338
Sarafino, E., P., & Smith, T., W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. Health Psy.
Sari, A., P., Sundari, R., S., & Saputra, H., J. (2019). Analisis Dampak Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sd Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 189–200. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/373.
Septiana, V., T., & Widiastuti, A., A. (2020). Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 172–180. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298
Setyawan, A., B., Listyarini, I., & Sukamto. (2022). Analisis Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1573.
Siahaan, S., & Bahri, S. (2019). Pengaruh Penempatan, Motivasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3402. DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3402
Sinaga, J. D. (2018). Tingkat Dukungan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.30653/001.201821.19. DOI: https://doi.org/10.30653/001.201821.19
Siska, M., Solfema., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(2), 238–244. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9053. DOI: https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.9053
Sulastri, A., & Masriqon. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504
Suprihatin. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198. DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Syaiban, R. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi. Jurnal Sosial Library, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v5i2.1718. DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v2i1.56
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317.
Umar. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315. DOI: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
Uno, H., B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya : Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta :(Bumi Aksara.), 23.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, XVIII(2), 22–37. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/download/1054/718.
Yudha, R., I. (2020). Pengaruh Dukungan Orang Tua , Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.30653/003.202061.105. DOI: https://doi.org/10.30653/003.202061.105
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Yulianingsih, W., Suhanadji., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 188. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33292
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ana Saputri, Fadhilaturrahmi, Mohammad Fauziddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)