Video Pembelajaran Geometri Dua Dimensi Berbasis Animasi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Anak Agung Gede Dirga Yusa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51372

Keywords:

Learning Video, Animation, Mathematics

Abstract

Era globalisasi saat ini menyebabkan perkembangan teknologi sangat pesat sehingga mempengaruhi pendidikan. Dalam pendidikan tenaga pendidik dituntut memanfaatkan teknologi untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran membosankan karena kurangnya media yang memfasilitasi siswa. Kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan media mempengaruhi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi bagi kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji produk yaitu 2 ahli media dan 2 ahli isi pembelajaran. Subjek uji coba produk yaitu 1 praktisi. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Instrumen pengumpulan data yaitu rating scale. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang dilakukan oleh ahli materi pembelajaran yaitu 4,69 dari ahli materi I, 4,76 dari ahli materi II dan rata-rata keseluruhan sebesar 4,73, sehingga sangat valid. Penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 4,80 dari ahli media I, 4,70 dari ahli media II dan rata-rata keseluruhan 4,75, sehingga sangat valid. Hasil uji praktisi yaitu 4,90 sehingga sangat valid. Disimpulkan bahwa video pembelajaran luas bangun datar berbasis animasi layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710. DOI: https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640

Amrullah, A. R., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2021). The development of kinemaster animation video as a media to improve science literacy in elementary schools. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 151–161. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.151-161. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.151-161

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anggraini, M. S. A., & Sartono, E. K. E. (2019). Kelayakan Pengembangan Multimedia Interaktif Ramah Anak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 57–77. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77

Apriansyah, Sambowo, & Maulana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Arina, D., Mujiwati, E., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Ashwin, & Guddeti, R. M. R. (2020). Affective database for e-learning and classroom environments using Indian students’ faces, hand gestures and body postures. Future Generation Computer Systems, 108. https://doi.org/10.1016/j.future.2020.02.075. DOI: https://doi.org/10.1016/j.future.2020.02.075

Awalia, I., Pamungkas, & Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Barakhsanova, E. A., Prokopyev, M. S., Olesova, S. G., Olesov, N. P., Lukina, T. N., Sorochinskiy, M. A., & Tatarinov, F. F. (2020). Transdisciplinary Approach To the Learning Process Organization in the E-Learning Information Environment of a College. International Transaction Journal of Engineering Management & Applied Sciences & Technologies, 11(3), 1–12. https://doi.org/10.14456/ITJEMAST.2020.53.

Boyd, L. (2019). Using Technology-Enabled Learning Networks to Drive Module Improvements in the UK OpenUniversity. Journal of Interactive Media in Education, 2019(1), 1–7. https://doi.org/10.5334/jime.529. DOI: https://doi.org/10.5334/jime.529

Danniels, E., Pyle, A., & DeLuca, C. (2020). The role of technology in supporting classroom assessment in play-based kindergarten. Teaching and Teacher Education, 88. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102966. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102966

Dewi, I. G. A. A. S. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2). https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp51-70

Garad, A., Al-Ansi, A. M., & Qamari, I. N. (2021). The Role Of E-Learning Infrastructure And Cognitive Competence In Distance Learning Effectiveness During The Covid-19 Pandemic. Cakrawala Pendidikan, 40(1). https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33474

Goldschmidt. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V Sd. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.24114/jt.v9i1.12859.

Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Hanif, M., Asrowi, A., & Sunardi, S. (2018). Students’ Access to and Perception of Using Mobile Technologies in the Classroom: the Potential and Challenges of Implementing Mobile Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4). https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8398. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8398

Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital technology and practices for school improvement: innovative digital school model. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1). https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8. DOI: https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8

Jannah, M., & Julianto. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134.

Kasih, F. R. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737

Maharani, Y. S., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Semarang. Teknodika, 16(1), 73. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927

Nisa, W. L., Ismet, I., & Andriani, N. (2020). Development of E-Modules Based on Multi-representations in Solid-State Physics Introductory Subject. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 73. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7690. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7690

Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416

Novita, Sukmanasa, & Pratama. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurtanto, M., Sofyan, H., Pardjono, P., & Suyitno, S. (2020). Development model for competency improvement and national vocational qualification support frames in automotive technology. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 168–176. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20447. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20447

Oktaviani, A., Anom, K., & Lesmini, B. (2020). Pengembangan Modul Kimia terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dan PBL (Problem-Based Learning). Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 64. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279. DOI: https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6279

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377

Rahmadianto, S. A., & Melany. (2018). Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan DKV Ma Chung sebagai Upaya Meningkatkan Brand Equity. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 130–142. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1623. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1623

Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan perkembangan teori atom mata pelajaran kimia kelas x sma panjura malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070

Ross, S. M. (2020). Technology infusion in K-12 classrooms: a retrospective look at three decades of challenges and advancements in research and practice. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2003–2020. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09756-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09756-7

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014.

Sanjaya, G. E. W., Yudiana, K., & Japa, I. G. N. (2021). Learning video media based on the powtoon application on solar system learning topics. International Journal of Elementary Education, 5(2), 208. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34547. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34547

Saripudin, E, Sari, I., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. , 4 (1),. Journal of Science Research and Learning, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316.

Saripudin, Endang, Sari, I. J., & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Soeoed, R., Rachmawaty, N., & Huzzin As’ari, M. (2018). Evaluation on the use of animated narrative video in teaching narrative text. SHS Web of Conferences, 42, 00087. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087

Soni, Hafid, Hayami, Fatma, Wenando, Amien, Fuad, Unik, & Mukhtar. (2018). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom, E-Learning & Blended Learning sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 21. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The development of animation videos based flipped classroom learning on heat and temperature topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017

Suprianti, G. A. P. (2020). Powtoon animation video: a learning media for the sixth graders. VELES Voices of English Language Education Society, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2536. DOI: https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2536

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030

Teräs, M., Suoranta, J., Teräs, H., & Curcher, M. (2020). Post-Covid-19 Education and Education Technology ‘Solutionism’: a Seller’s Market. Postdigital Science and Education, 2(3), 863–878. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00164-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s42438-020-00164-x

Tondeur, J., Petko, D., Christensen, R., Drossel, K., Starkey, L., Knezek, G., & Schmidt-Crawford, D. A. (2021). Quality criteria for conceptual technology integration models in education: bridging research and practice. Educational Technology Research and Development, 69(4), 2187–2208. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09911-0. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09911-0

Tovar Viera, R., Velasco Sánchez, Diego IsmaelTovar Viera, R., & Velasco Sánchez, D. I. (2020). Research on Technology Competencies in EFL Language Instructors: Technology-Pedagogy-Content in Language Teaching. Script Journal: Journal of Linguistics and English Teaching, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.24903/sj.v5i1.414. DOI: https://doi.org/10.24903/sj.v5i1.414

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Widyaningsih, S. W., Yusuf, I., Prasetyo, Z. K., & Istiyono, E. (2020). Online Interactive Multimedia Oriented to HOTS through E-Learning on Physics Material about Electrical Circuit. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17667

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Dirga Yusa, A. A. G. . ., & Sukmana, A. I. W. I. Y. . (2022). Video Pembelajaran Geometri Dua Dimensi Berbasis Animasi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 533–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51372

Issue

Section

Articles