PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KONSEP DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MATEMATIKA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 PEMECUTAN

Authors

  • Ni Made Sukarti Ari Putri .
  • Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan menganalisis konsep matematika dan (2) meningkatkan hasil belajar keterampilan matematika tema cita-citaku melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian kinerja. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 2 Pemecutan tahun ajaran 2014/2015, sebanyak 39 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) tes dan (2) observasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menganalisis konsep matematika. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan menganalisis konsep berupa soal uraian. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data hasil belajar keterampilan matematika dengan instrumennya berupa rubrik. Data yang didapatkan dari metode tes dan metode observasi dianalisis dengan metode analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menganalisis konsep matematika setelah penerapan pendekatan Saintifik dengan persentase rata-rata kemampuan menganalisis konsep matematika pada siklus I 65,38% berada pada kriteria sedang dengan ketuntasan klasikal 61,54% dan pada siklus II persentase rata-rata kemampuan menganalisis konsep matematika menjadi 81,54% berada pada kriteria tinggi dengan ketuntasan klasikal 82,05%. Untuk hasil belajar keterampilan matematika mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata nilai hasil belajar keterampilan matematika pada siklus I 73,46% berada pada kriteria sedang, dan pada siklus II persentase rata-rata nilai hasil belajar keterampilan matematika menjadi 80,51% berada pada kriteria tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Kinerja dapat Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Konsep dan Hasil Belajar Keterampilan Matematika Tema Cita-citaku Siswa Kelas IVA SD Negeri 2 Pemecutan.
Kata Kunci : pendekatan Saintifik, kemampuan menganalisis, konsep matematika, hasil belajar, keterampilan matematika.

This research aimed to (1) increase the ability of analyzing the mathematical concept theme cita-citaku through the application of scientific approach with the assessment of student performance class IVA of SD Negeri 2 Pemecutan, and (2) improve learning outcomes math skills theme cita-citaku through the application of scientific approach with the assessment of student performance class IVA of SD Negeri 2 Pemecutan. This research includes classroom action research implemented in two cycles. The subjects were students class IVA of SD Negeri 2 Pemecutan academic year 2014/2015, as much 39 students. Collecting data in this research carried out by the method (1) test and (2) observation. The test method used to obtain data on the ability to analyze mathematical concepts. The test used is a test of the ability to analyze concepts such as problem description. Observational methods used to obtain data on the results of learning math skills with the instrument in the form of a rubric. The data obtained from the test method and the method of observation was analyzed by quantitative descriptive analysis method. The results showed an increase in the ability to analyze the concept of mathematics after the application of Scientific approach to the average percentage of the ability to analyze the concept of mathematics in the first cycle of 65.38% in the medium criteria with classical completeness is 61.54% and in the second cycle the average percentage capability analyzing the mathematical concepts into 81.54% are at high criteria with classical completeness 82.05%. For learning outcomes of math skills increased with the average percentage of the value of the skills learned mathematics in the first cycle of 73.46% in the medium criteria, and the second cycle the average percentage of the value of learning outcomes math skills be 80.51% are at high criteria. From this research through that the application of scientific approach with performance asessment can increase analyzed mathematical concept and learning outcomes math skill theme cita-citaku class IVA of SD Negeri 2 Pemecutan.
keyword : Scientific approach, the ability to analyze, the concept of mathematics, learning outcomes, mathematical skills.

Published

2015-07-09

How to Cite

., N. M. S. A. P., ., D. I. W. W. S. M., & ., D. I. B. S. M. M. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KONSEP DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MATEMATIKA TEMA CITA-CITAKU SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 PEMECUTAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5141

Issue

Section

Articles