Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Mengasosiasi Pada Tema Peradaban Sejarah Indonesia Siswa Kelas V SDN 6 Ubung.

Authors

  • Kadek Ayu Novita Sari .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan mengasosiasi secara induktif dan kelompok yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan mengasosiasi secara deduktif pada siswa kelas V tema “Peradaban Sejarah Indonesia” di SDN 6 Ubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan Desain Prates-Pascates Kelompok Statis (The Static Group Prestest-Postest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian diperoleh thitung= 2,13 > ttabel = 2,00 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 58. Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan mengasosiasi secara induktif memperoleh rata-rata skor hasil belajar yaitu x ̅ = 81,90. Sedangkan siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan mengasosiasi secara deduktif memperoleh skor hasil belajar x ̅ =76,63. Jadi hipotesis yang menyebutkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan mengasosiasi secara induktif kelas V SDN 6 Ubung diterima.
Kata Kunci : Pendekatan saintifik, portofolio, mengasosiasi, induktif, deduktif

This study aimed to know the significant differences of Civic learning outcomes between a group taught by scientific approach based assessment portofolio with deductive association and another group taught scientific approach based assessment portofolio with inductive association towards the fifth grade of SDN 6 Ubung with the theme “Peradaban Sejarah Indonesia”. The type of the research is pre-experiment research designed using pre-test design- posttest design- static posttest group (The Static Group Prestest-Postest Design). The population of this research is the students in class V A and V B which has the 60 students in total. The research sample used sampling jenuh technique. The results of the data were collected by using multiple choice test instruments. The data were analyzed by descriptive statistical analysis and inferential statistics (t-test). The results showed that t count= 52.13 and t table (at a significance level of 5%) = 2.00. It meant that t count > t table, it could be concluded that there were significant differences between students Civic learning outcomes taught using scientific approach based portofolio assessment in terms of association inductively obtain an average score = 81.90. Whereas students who took lessons with a scientific approach based assessment portfolios by using the deductive association learning outcomes has scored 76.63. Therefore the hypothesis of scientific approach in terms of learning association inductively and scientific approach in terms of learning association deductively influence students Civic learning outcomes towards the fifth grade students of SDN 6 Ubung was accepted.
keyword : scientific approach, portfolio, association, inductive, deductive

Published

2015-07-09

How to Cite

., K. A. N. S., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. M. S. M. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Mengasosiasi Pada Tema Peradaban Sejarah Indonesia Siswa Kelas V SDN 6 Ubung. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5143

Issue

Section

Articles