PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PKN DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS PANGERAN DIPONOGORO KECAMATAN DENPASAR BARAT

Authors

  • I Kadek Septyadhi .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5145

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar pengetahuan PKn melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan konkret dan pertanyaan abstrak serta mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar pengetahuan PKn tema tempat tingalku antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan konkret dan siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan abstrak pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian pra-eksperimen dengan menggunakan desain prates-pascates kelompok statis (the static group pretest-postest design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Pangeran Diponogoro kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 430 orang. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar pengetahuan PKn menggunakan tes pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar pengetahuan PKn kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan konkret dengan kategori baik sebesar 3% dan kategori sangat baik sebesar 97%, sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan abstrak termasuk kategori baik sebesar 13% dan kategori sangat baik sebesar 87%. Melalui uji t yang dilakukan diperoleh t hitung = 2,26. Dengan taraf signifikan 5% dan dk = 76 diperoleh t tabel = 1,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik ditinjau dari pertanyaan guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pengetahuan PKn pada siswa kelas kelas IV SD Gugus Pangeran Diponogoro Kecamatan Denpasar Barat.
Kata Kunci : Pendekatan saintifik, karakteristik pertanyaan guru, hasil belajar.

This research has a purpose to describing the result of Civic Education Knowledge (PKn) learning through scientific approach which is using concrete questions and abstract questions. And also to know the significant differences of Civic Education Knowledge learning result in Tempat Tinggalku theme between the students that learning through scientific approach which is using concrete questions and the students that learning through scientific approach which is using abstract questions for students of Elementary School in class IV. This research included in pre-experiment research that using the static group pretest-posttest design. The population of this research is all students in class IV of Gugus Pangeran Diponogoro Elementary School, Denpasar Barat sub-district, in academic year 2014-2015. The sample is token using random sampling technique. The data that collected is the learning result of Civic Education Knowledge (PKn) which is using result learning test as fold options test, and then analyzing with t-Test. The result of this research showed the significant differences founded in the learning result of Civic Education Knowledge (Pkn) of students group that learning through scientific approach which is using concrete questions in a good category is 3% and in a very good category is 97%. While the students group that learning through scientific approach which is using abstract questions got 13% in a good category and 87% in a very good category. Based on t-test, there is t-count = 2,26. With the significant level 5% and dk = 76 there got t-table = 1,66. So, we can concluded that learning through scientific approach based on teachers’ questions have a significant effect to Civic Education Knowledge learning outcome for the students of class IV, Gusgus Pangeran Diponogoro Elementary School, Denpasar Barat sub-district, in academic year 2014-2015.
keyword : Scientific approach, teachers’ question characteristic, learning outcome.

Published

2015-07-09

How to Cite

., I. K. S., ., D. M. P. M., & ., D. I. N. S. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PKN DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS PANGERAN DIPONOGORO KECAMATAN DENPASAR BARAT . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5145