PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN IPS TEMA CITA-CITAKU DAN SIKAP SOSIAL KELAS IV SD N 26 PEMECUTAN

Authors

  • Komang Whiny Dharsana .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan IPS tema cita-citaku siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dan untuk meningkatkan sikap sosial siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek di SD Negeri 26 Pemecutan tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaa, tindakan, observasi/tes, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 38 siswa di SD N 26 Pemecutan tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) tes hasil belajar pengetahuan IPS, (2) kuesioner sikap sosial siswa. Data yang diperoleh dari metode tes dan kuesioner dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase nilai rerata hasil belajar pengetahuan IPS pada siklus I mencapai 74.7 % yang berada pada kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 87.5% berada pada kategori tinggi, ini terjadi peningkatan sebesar 12.8%, dengan ketuntasan klasikal 100%. Adanya peningkatan persentase rerata skor sikap sosial siswa pada siklus I mencapai 68.12 % yang berada pada kategori sedang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 86.11% berada pada kategori tinggi, ini terjadi peningkatan sebesar 17.99%. Dengan demikian, penelitian yang berjudul penerapan pendekatan saintifik dengan penilaian proyek dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan IPS tema cita-citaku dan sikap sosial siswa kelas IV di SD N 26 Pemecutan.
Kata Kunci : saintifik, penilaian proyek, sikap sosial, hasil belajar, IPS

This research aimed to improve the students academic achievement of social sciences on the theme cita-citaku and social attitudes for fourth grade students through the implementation of scientific approach with project assessment in SD Negeri 26 Pemecutan school years 2014/2015. The type of research as a class action research, it was conducted in two cycles. Each cycle consist of four steps, namely planning, action, observation / test, and reflection. The subjects of this research were fourth grade students as many as 38 students in SD Negeri 26 Pemecutan school years 2014/2015. The methods used for collecting data in this research, namely (1) knowledge of social sciences achievement test, (2) social attitudes questionnaire. The data obtained from the test and questionnaire were analyzed with descriptive analysis of qualitative and quantitative methods. The results showed: there is an increasing the percentage mean value of students academic achievement in social sciences on cycle I reached 74.7%, which is in the medium category and an increase in cycle II reached 87.5% at the high category, is an increase of 12.8%, with 100% classical completeness. there is an increasing the percentage mean value of students social attitudes in cycle I reached 68.12%, which is in the medium category and an increase in cycle II reached 86.11% at the high category, is an increase of 17.99%. Therefore, the implementation of scientific approach with project assessment can improve the students academic achievement of social sciences on the theme cita-citaku and social attitudes for fourth grade in SD Negeri 26 Pemecutan.
keyword : scientific approach, project assessment, social attitudes, academic achievement, social sciences

Published

2015-07-09

How to Cite

., K. W. D., ., D. I. M. S. M., & ., D. I. K. N. W. M. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN IPS TEMA CITA-CITAKU DAN SIKAP SOSIAL KELAS IV SD N 26 PEMECUTAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5151