PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN DESA PEGUYANGAN

Authors

  • I Made Bastian Adi Parnata .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan langsung dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen lemah (pre-eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah The Static Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Desa Peguyangan, tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tersruktur menggunakan rubrik pengamatan keterampilan berbicara penilaian skala bertingkat (rating scale). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan langsung dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik menggunakan pertanyaan tidak langsung. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 1,98 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 74 =1,67. Berdasarkan kriteria pengujian thitung > ttabel (1,98>1,67) ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar keterampilan berbicara antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pedekatan saintifik menggunakan pertanyaan langsung lebih tinggi daripada kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pedekatan saintifik menggunakan pertanyaan tidak langsung (79,05>76,47). Dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan saintifik ditinjau dari karakteristik pertanyaan guru berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan berbicara Bahasa Indonesia tema cita-citaku pada siswa kelas IV SDN Desa Peguyangan tahun pelajaran 2014/2015
Kata Kunci : pendekatan saintifik, pertanyaan guru, keterampilan berbicara

The purpose of this research is to determining the differences in learning outcome of Bahasa Indonesia (speaking skill) between the students which is learn trhough scientific approach used direct question and the students which is learn trhough scientific approach used indirect question. This research is pre-experimental with The Static Pretest-Posttest Design. The population in this research is the fourth grade students at SDN Peguyangan (2014/2015). The Samples in this research were taken by using the random sampling technique. The Data collection methods used in this study is a structured observation using observation rubric speaking skills assessment graduated scale. Data were analyzed using descriptive statistics and t-test.The research showed that there were differences in learning results of Bahasa Indonesia (speaking skill) among the students which is learn trhough scientific approach used direct question and the students which is learn trhough scientific approach used indirect question. Based on t-test results t observe = 1.98 and t table at significance level of 5% with 74 degrees of freedom = 1.67. Based on testing criteria t observe > t table (1.98>1.67) This means that H0 is rejected and Ha accepted. On average speaking skills learning results between groups of students that learned through scientific approuch used direct question was higher than the group of students that learned through scientific opprouch used indirect questions (79.05>76.47). It can be concluded scientific approach in terms of the characteristics of a teacher's question affects the outcome of the skills learned to speak Indonesian theme of Cita-citaku in grade IV SDN Peguyangan (2014/2015).
keyword : Saintific approuch, teacher questions, speaking skills

Published

2015-07-10

How to Cite

., I. M. B. A. P., ., D. M. R. K., & ., D. N. N. G. M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DITINJAU DARI KARAKTERISTIK PERTANYAAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA TEMA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN DESA PEGUYANGAN . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5167