Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Scribe Pada Penjumlahan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52484Keywords:
Media pembelajaran, audio visual, vidioscribeAbstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan pembelajaran matematika belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis video scribe pada materi penjumlahan pecahan kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu research and development. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual berbasis video scribe pada materi penjumlahan pecahan dan objeknya adalah validitas media pembelajaran audio visual berbasis video scribe pada materi penjumlahan pecahan kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Untuk mengukur validitas media digunakan rating scale yang berupa lembar penilaian media yang diisi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan rumus mean, untuk mengetahui rata-rata validitas media. Hasil yang diperoleh dari ahli materi 4,7, ahli media 4,6 dan praktisi 4,96. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka media audio visual berbasis video scribe pada materi penjumlahan pecahan yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 06(01), 72–89. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v6i01.166.
Andrianti, Y., Susanti, R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. https://doi.org/10.36706/jc.v5i1.4802.
Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. U. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/10376.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, Pp. 586-595)., 2(1), 586–595. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.
Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5070.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788. DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/profile/putu-ekayani/publication/315105651_pentingnya_penggunaan_media_pembelajaran_untuk_meningkatkan_prestasi_belajar_siswa/links/58ca607eaca272a5508880a2/pentingnya-penggunaan-media-pembelajaran-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa.pdf.
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://scholar.archive.org/work/7lmcengbhbei7nkistiz7jjk5a/access/wayback/https://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/download/1369/760. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Faizah., F., Imam Sujadi., I., & Setiawan., R. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas Vii E Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), 1(4), 15–25. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/view/11602.
Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(1), 24–31. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.959. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128
Fransisca, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24661.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V7I1.1196. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1196
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v2i2.1244.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif.” Universitas Pendidikan Ganesha.
Laws, S., Harper, C., Jones, N., & Marcus, R. (2013). Research for development: A practical guide. Sage.
Lubis, H. Z. & N. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. 3(3). https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Manzilina, F., Listiawati, E., & Wijayanti, R. (2020). Pengembangan Media Videoscribe Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). JIPMat, 5(2), 185–199. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6624
Merintika. L, S., Pratiwi, P. H., & Martiana, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kompetensi Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 11 Yogyakarta. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(1). https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i1.41049. DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i1.41049
Munawwarah, R. Al. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412.
Mustaji, N. A. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model addie untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Nazgul, K., Anar, B., Baglan, Z., Moldir, S., Nishanbayeva, S., & Sadvakasova, G. (2020). Preservice Teachers’ Opinions on the Use of Technology in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(23), 182–192. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i23.18831. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i23.18831
Nia, P., Widyaputri, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.273. DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.273
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan bacaan.pdf. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prihandoko, G. K., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 578–590. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.548
Pujianingtias, E. N., & Saputra, H. J. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi. 2(2). https://scholar.archive.org/work/lt6ulwtijrbd3dj66bjslpqqei/access/wayback/https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/download/1070/pdf.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://www.researchgate.net/profile/Dewi-Rachmatin-2/publication/341786748_Literasi_digital_abad_21_bagi_mahasiswa_PGSD_apa_mengapa_dan_bagaimana/links/5ed47d1992851c9c5e71dcf0/Literasi-digital-abad-21-bagi-mahasiswa-PGSD-apa-mengapa-dan-bagaimana.pdf.
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wahyuni, N. K. D., Japa, I. G. N., & Astawan, I. G. (2021). Pembelajaran IPA Tema 7 dengan Perangkat Pembelajaran Model Koperatif Tipe Inquiri. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 301–312. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39644. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39644
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Kadek Mendung Meilandari, Nice Maylani Asril

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)