Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Mei Lia Sulistianti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52918

Keywords:

Multimedia, Interaktif, Tematik

Abstract

Era globalisasi ini mengharapkan guru mampu mengaplikasikan teknologi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan maksimal. Beberapa guru kurang mampu untuk menggunakan model ataupun media yang sesuai untuk siswa sehingga berdampak pada hasil dan motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk materi pembelajaran IPS kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model Hannafik and Peck. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli isi pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV berjumlah 9 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi pembelajaran yaitu 92,9% (sangat baik). Hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu 88% (baik). Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 83% (baik). Hasil penilaian dari uji coba perorangan yaitu 92,66% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil yaitu 92,66% (sangat baik). Disimpulkan media mendapatkan kualifikasi baik dan layak digunakan dalam pembelajaran tematik.

References

Antal, H., Bunnell, H. T., McCahan, S. M., Pennington, C., Wysocki, T., & Blake, K. V. (2017). A cognitive approach for design of a multimedia informed consent video and website in pediatric research. Journal of Biomedical Informatics, 66, 248–258. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.01.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.01.011

Arif, A., & Mukhaiyar, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Teknik Elektonik dan Vokasional, 06(01), 114–119. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107717. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107717

Arsić, Z., & Milovanović, B. (2016). Importance of computer technology in realization of cultural and educational tasks of preschool institutions. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.5937/IJCRSEE1601009A. DOI: https://doi.org/10.5937/IJCRSEE1601009A

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia innovation 4.0 in education: E-modul ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007

Ayatiningsih, A. (2019). English Words Production Of A Female Syrian Student Of An Islamic Elementary School In Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1351. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1351

Benos, N., & Karagiannis, S. (2016). Do education quality and spillovers matter? Evidence on human capital and productivity in Greece. Economic Modelling, 54, 563–573. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2016.01.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.econmod.2016.01.015

Boangmanalu, D., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Media Komik Dengan Model Hannafin Dan Peck Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd Negeri 4 Kampung Baru Tahun 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20288.

Bouton, E., Tal, S. B., & Asterhan, C. S. C. (2021). Students, social network technology and learning in higher education: Visions of collaborative knowledge construction vs. the reality of knowledge sharing. The Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2020.100787. DOI: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2020.100787

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094

Dewi, I. G. A. A. S. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745

Dhaniawaty, R., Suci, A., & Hardiyana, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 11(2). https://doi.org/10.34010/jati.v11i2.5574. DOI: https://doi.org/10.34010/jati.v11i2.5574

Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672

Dwiqi, G., Sudatha, I., & Sukmana. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Ghory, S., & Ghafory, H. (2021). The impact of modern technology in the teaching and learning process. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(3), 168–173. https://doi.org/10.53894/ijirss.v4i3.73. DOI: https://doi.org/10.53894/ijirss.v4i3.73

Hakim, M. L., Asrowi, & Akhyar, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537

Harnanik, H. (2016). Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Konsep Manajemen Sumberdaya Manusia. Dinamika Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.15294/dp.v6i2.5111.

Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. S. (2018). Pengembangan Jimath sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. MaPan: Jurnal Matematika da, 6(1), 274–288. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a12

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.

Islam Sarker, M. N., Wu, M., Cao, Q., Alam, G. M. M., & Li, D. (2019). Leveraging Digital Technology for Better Learning and Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Information and Education Technology, 9(7), 453–461. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246

Juniari, I. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091

Kurniawan, M. U. (2017). Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 6(1), 42. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292. DOI: https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292

Maharani, Y. S., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Semarang. Teknodika, 16(1), 73. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757

Nagmoti, J. M. (2017). Departing form PowerPoint Default Mode: Applying Mayer’s Multimedia Principles for Enhanced Learning of Parasitology. Indian Journal of Medical Microbiology, 35. https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251. DOI: https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/educsci9030196. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9030196

Pakpahan, A. V., & Doni, D. (2019). Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosis Organisme Pengganggu Tanaman (Opt) Kopi. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 117–126. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2800. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2800

Permana, E. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425

Prasetyo, A., Supriyono, & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Critical Thinking Skill Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Educatio, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1410.

Pratiwi, I., Suartama, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan E-Learning dengan Model Prototype Berorientasi Model Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas VII SMPN 2 Negara. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7615.

Putri, zahwa syah, & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh Multimedia Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII Di Mts Al-Ulum Medan T.P. 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7, 71–82. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

S.H. Wijaya, I.M. Tegeh, & I.K.Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644

Salavera, C., Usán, P., & Teruel, P. (2019). The relationship of internalizing problems with emotional intelligence and social skills in secondary education students: gender differences. Psicologia: Reflexao e Critica, 32(4), 1–9. https://doi.org/10.1186/s41155-018-0115-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s41155-018-0115-y

Samat, M. S., & Aziz, A. (2020). The Effectiveness of Multimedia Learning in Enhancing Reading Comprehension Among Indigenous Pupils. Arab World English Journal, 11(2), 290–302. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20. DOI: https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20

Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633

Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 386–396. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Swara, G. (2020). Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif, 8(1). https://doi.org/10.21063/JTIF.2020.V8.1. DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2020.V8.1.19-24

Tegeh, I. M. & I. M. K. (2010). Metode Penelitian Pengembangan ADDIE. Universitas Pendidikan Ganesha.

Triana, Garminah, & Suartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6938.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Nurjaya, I. G., Sulistianti, M. L. ., & Tegeh, I. M. . (2022). Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 585–592. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52918

Issue

Section

Articles