Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52918Keywords:
Multimedia, Interaktif, TematikAbstract
Era globalisasi ini mengharapkan guru mampu mengaplikasikan teknologi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan maksimal. Beberapa guru kurang mampu untuk menggunakan model ataupun media yang sesuai untuk siswa sehingga berdampak pada hasil dan motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif untuk materi pembelajaran IPS kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model Hannafik and Peck. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli isi pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV berjumlah 9 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi pembelajaran yaitu 92,9% (sangat baik). Hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu 88% (baik). Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 83% (baik). Hasil penilaian dari uji coba perorangan yaitu 92,66% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil yaitu 92,66% (sangat baik). Disimpulkan media mendapatkan kualifikasi baik dan layak digunakan dalam pembelajaran tematik.
References
Antal, H., Bunnell, H. T., McCahan, S. M., Pennington, C., Wysocki, T., & Blake, K. V. (2017). A cognitive approach for design of a multimedia informed consent video and website in pediatric research. Journal of Biomedical Informatics, 66, 248–258. https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.01.011. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.01.011
Arif, A., & Mukhaiyar, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Teknik Elektonik dan Vokasional, 06(01), 114–119. https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107717. DOI: https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107717
Arsić, Z., & Milovanović, B. (2016). Importance of computer technology in realization of cultural and educational tasks of preschool institutions. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.5937/IJCRSEE1601009A. DOI: https://doi.org/10.5937/IJCRSEE1601009A
Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia innovation 4.0 in education: E-modul ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007
Ayatiningsih, A. (2019). English Words Production Of A Female Syrian Student Of An Islamic Elementary School In Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1351. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1351
Benos, N., & Karagiannis, S. (2016). Do education quality and spillovers matter? Evidence on human capital and productivity in Greece. Economic Modelling, 54, 563–573. https://doi.org/10.1016/j.econmod.2016.01.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.econmod.2016.01.015
Boangmanalu, D., Jampel, I. N., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Media Komik Dengan Model Hannafin Dan Peck Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sd Negeri 4 Kampung Baru Tahun 2017/2018. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20288.
Bouton, E., Tal, S. B., & Asterhan, C. S. C. (2021). Students, social network technology and learning in higher education: Visions of collaborative knowledge construction vs. the reality of knowledge sharing. The Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2020.100787. DOI: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2020.100787
Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Dewi, I. G. A. A. S. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745
Dhaniawaty, R., Suci, A., & Hardiyana, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Mengenai Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), 11(2). https://doi.org/10.34010/jati.v11i2.5574. DOI: https://doi.org/10.34010/jati.v11i2.5574
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Dwiqi, G., Sudatha, I., & Sukmana. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ghory, S., & Ghafory, H. (2021). The impact of modern technology in the teaching and learning process. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(3), 168–173. https://doi.org/10.53894/ijirss.v4i3.73. DOI: https://doi.org/10.53894/ijirss.v4i3.73
Hakim, M. L., Asrowi, & Akhyar, M. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537
Harnanik, H. (2016). Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Konsep Manajemen Sumberdaya Manusia. Dinamika Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.15294/dp.v6i2.5111.
Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Hendriawan, M. A., & Muhammad, G. S. (2018). Pengembangan Jimath sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. MaPan: Jurnal Matematika da, 6(1), 274–288. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a12. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a12
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.
Islam Sarker, M. N., Wu, M., Cao, Q., Alam, G. M. M., & Li, D. (2019). Leveraging Digital Technology for Better Learning and Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Information and Education Technology, 9(7), 453–461. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246
Juniari, I. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Kurniawan, M. U. (2017). Perbedaan Hasil Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Metode Snowball Throwing Dan Metode Konvensional Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN Arjasa. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 6(1), 42. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292. DOI: https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1292
Maharani, Y. S., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Semarang. Teknodika, 16(1), 73. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757
Nagmoti, J. M. (2017). Departing form PowerPoint Default Mode: Applying Mayer’s Multimedia Principles for Enhanced Learning of Parasitology. Indian Journal of Medical Microbiology, 35. https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251. DOI: https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/educsci9030196. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9030196
Pakpahan, A. V., & Doni, D. (2019). Implementasi Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosis Organisme Pengganggu Tanaman (Opt) Kopi. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 117–126. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2800. DOI: https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2800
Permana, E. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85
Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal of Education Technology, 2(4), 137. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16425
Prasetyo, A., Supriyono, & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Critical Thinking Skill Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Educatio, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1410.
Pratiwi, I., Suartama, I. K., & Tegeh, I. M. (2016). Pengembangan E-Learning dengan Model Prototype Berorientasi Model Pembelajaran Inquiry Siswa Kelas VII SMPN 2 Negara. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7615.
Putri, zahwa syah, & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh Multimedia Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII Di Mts Al-Ulum Medan T.P. 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7, 71–82. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
S.H. Wijaya, I.M. Tegeh, & I.K.Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Salavera, C., Usán, P., & Teruel, P. (2019). The relationship of internalizing problems with emotional intelligence and social skills in secondary education students: gender differences. Psicologia: Reflexao e Critica, 32(4), 1–9. https://doi.org/10.1186/s41155-018-0115-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s41155-018-0115-y
Samat, M. S., & Aziz, A. (2020). The Effectiveness of Multimedia Learning in Enhancing Reading Comprehension Among Indigenous Pupils. Arab World English Journal, 11(2), 290–302. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20. DOI: https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20
Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(16), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633
Sukendro, S., Habibi, A., Khaeruddin, K., Indrayana, B., Syahruddin, S., Makadada, F. A., & Hakim, H. (2020). Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context. Heliyon, 6(11), e05410. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05410
Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick and Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 386–396. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Swara, G. (2020). Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif, 8(1). https://doi.org/10.21063/JTIF.2020.V8.1. DOI: https://doi.org/10.21063/jtif.2020.V8.1.19-24
Tegeh, I. M. & I. M. K. (2010). Metode Penelitian Pengembangan ADDIE. Universitas Pendidikan Ganesha.
Triana, Garminah, & Suartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6938.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mei Lia Sulistianti, I Made Tegeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)