Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.53358Keywords:
Metode mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, Hasil belajar IPSAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi berpengaruh terhadap hasil belajar yang diharapkan. Hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD dapat dikategorikan cukup baik. Namun kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS masih tergolong kurang baik dan mengalami kesulitan karena sebelumnya pembelajaran IPS dilakukan secara daring sehingga kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan program SPSS for windows versi 20. Serta uji analisis statistik dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T atau uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat mempengaruhi kemampuan berpikir. Secara kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V, dan terbukti lebih unggul secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1
Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760
Annisa, F. A., Darsono, & Astuti, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4), 139–148. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18348.
Astawa, I. B. M. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. PT Raja Grafindo Persada.
Cahyani, P. R., Sulistiasih, & Sarengat. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS SD. 1(2), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16271.
Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish Publisher.
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026884.
Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021
Febriyanti, S. A., & Wulandari, F. (2021). Hubungan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogika, 12(2), 152–160. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.871. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.871
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Hariyadi, S., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Ibrohim, S. (2018). Contribution of mind mapping, summarizing, and Questioning in the RQA learning model to genetic learning outcomes. Journal of Turkish Science Education, 15(1), 80–88. https://doi.org/10.12973/tused.10222a.
Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., & Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Masriani, M., & Mayar, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3513–3519. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1357
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632
Nasrulloh, M. F., & Umardiyah, F. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1322.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.
Priantini, D. A. M. M. O. (2016). Pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS. Widya Accarya, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.46650/wa.6.2.300.%p.
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422
Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18422.
Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHNA, 77–92. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.39.
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Triwibowo, Z., Dwidayati, N. K., & Sugiman. (2017). Analysis of mathematical creative thinking ability viewed from students learning styles in seventh grader through treffinger learning model with open-ended approach. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 391–399. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.17987.
Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 3–6. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649. DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649
Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. Konferensi Nasional Matematika XV, 7(2), 39–48. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2689.
Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik, 2(1), 139–146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254. DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1513
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vina Rizkiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)