Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD

Authors

  • Vina Rizkiyani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.53358

Keywords:

Metode mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, Hasil belajar IPS

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi berpengaruh terhadap hasil belajar yang diharapkan. Hasil belajar IPS siswa kelas 5 SD dapat dikategorikan cukup baik. Namun kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS masih tergolong kurang baik dan mengalami kesulitan karena sebelumnya pembelajaran IPS dilakukan secara daring sehingga kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 89 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan program SPSS for windows versi 20. Serta uji analisis statistik dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T atau uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat mempengaruhi kemampuan berpikir. Secara kreatif dan hasil belajar IPS siswa kelas V, dan terbukti lebih unggul secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766

Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Annisa, F. A., Darsono, & Astuti, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(4), 139–148. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18348.

Astawa, I. B. M. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. PT Raja Grafindo Persada.

Cahyani, P. R., Sulistiasih, & Sarengat. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS SD. 1(2), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16271.

Choifah, C., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1057

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish Publisher.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://doi.org/10.5281/zenodo.7026884.

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Febriyanti, S. A., & Wulandari, F. (2021). Hubungan Berpikir Kreatif Melalui Model Mind Mapping dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pedagogika, 12(2), 152–160. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.871. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.871

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Hariyadi, S., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Ibrohim, S. (2018). Contribution of mind mapping, summarizing, and Questioning in the RQA learning model to genetic learning outcomes. Journal of Turkish Science Education, 15(1), 80–88. https://doi.org/10.12973/tused.10222a.

Hidayat, H., Mulyani, H., Fatimah, A. S., Sholihat, A., & Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020

Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Masriani, M., & Mayar, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3513–3519. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1357

Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632

Nasrulloh, M. F., & Umardiyah, F. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1322.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.

Priantini, D. A. M. M. O. (2016). Pengaruh metode mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar IPS. Widya Accarya, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.46650/wa.6.2.300.%p.

Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422

Solehuzain, & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103–111. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/18422.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHNA, 77–92. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.39.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481. DOI: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Triwibowo, Z., Dwidayati, N. K., & Sugiman. (2017). Analysis of mathematical creative thinking ability viewed from students learning styles in seventh grader through treffinger learning model with open-ended approach. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 391–399. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.17987.

Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 3–6. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649. DOI: https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649

Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. Konferensi Nasional Matematika XV, 7(2), 39–48. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2689.

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik, 2(1), 139–146. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/254. DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1513

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Rizkiyani, V., & Firosalia Kristin. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 5 SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 559–566. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.53358

Issue

Section

Articles