Flipbook: Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55034Keywords:
Flipbook, media interaktif, Kognitif, IPAAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran guru masih kesulitan dalam menjelaskan materi dengan efektif kepada siswa. Pembelajaran yang digunakan oleh guru juga masih belum berbasis digital. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajan interaktif berupa Flipbook untuk meningkatkan kognitif siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 39 siswa (3 orang uji coba perorangan, 9 orang uji coba kelompok, da 27 orang uji lapangan). Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli materi pembelajaran, 2 ahli desain pembelajaran, dan 2 ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrument pengumpulan data menggunakan rating scale. Teknik analisis yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian yang diberikan oleh ahli isi materi pembelajaran, diperoleh persentase 97% (sangat baik), ahli desain pembelajaran yaitu 90% (sangat baik), dan ahli media pembelajaran yaitu 92% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan yaitu 90,95% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil yaitu 92,17% (sangat baik). Hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai 90,73% (sangat baik). Disimpulkan bahwa Flipbook Interaktif yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini yaitu Flipbook Interaktif dapat membantu siswa belajar sehingga meningkatkan kognitif siswa kelas IV sekolah dasar.
References
Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19 Pendahuluan Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia . Untuk mengatasi dan mengurangi dampak resiko pandemi ,. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 5–12. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120
Alnajdi, S. M. (2018). The Effectiveness of Designing and Using a Practical Interactive Lesson based on ADDIE Model to Enhance Students’ Learning Performances in University of Tabuk. Journal of Education and Learning, 7(6), 212. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212
Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43
Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730
Arifin, A. syamsul, & Lestari, E. S. (2020). Genetics bacterial teaching materials development based on flipbook in microbiology subject to improve learning motivation. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 202–211. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i2.862. DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i2.862
Arisoy, B., & Aybek, B. (2021). The effects of subject-based critical thinking education in mathematics on students’ critical thinking skills and virtues*. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(92), 99–120. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6. DOI: https://doi.org/10.14689/ejer.2021.92.6
Astuti, A. P., Aziz, A., Sumarti, S. S., & Bharati, D. A. L. (2019). Preparing 21st Century Teachers: Implementation of 4C Character’s Pre-Service Teacher through Teaching Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 012109. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012109
Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484
Ayu, G., Mega, M., Sudhita, I. W. R., & Suwatra, I. I. W. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Agama Hindu Dengan Model ADDIE untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Eductech Undiksha, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5869.
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568
Cahyani, D., Inggrid, Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 337. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271
Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375
Dewi, N. L. P. J., & Sujana, I. W. (2021). Learning Multimedia Based on RPG Maker MV Material for Circumference and Area of Flat Shapes for Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(3), 365. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.34462. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.34462
Dewi, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.
Diani, R., & Niken, S. H. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3d Pageflip Professional Flipbook Based On Islamic Literacy : The Development Of Physics Learning Media Using 3d Pageflip Professional.” 4(2):234–44. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819
Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358
Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86, 102882. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Ferdiansyah, F., Ambiyar, A., Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098.
Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202. DOI: https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202
Hanida, E. Y., Iriani, T., & Arthur, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif CAI Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X di SMK Negeri 1 Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 4(2). https://doi.org/10.21009/jpensil.v4i2.9879. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v4i2.9879
Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233. DOI: https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233
Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902. DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902
Iskandar Batubara, D., Kusmanto, H., Nasution, A., & Purba, A. (2018). Management of Education Quality Improvement at Education Council al Washliyah North Sumatra. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 8(February 2001), 354–364. https://doi.org/10.2991/icosop-17.2018.55. DOI: https://doi.org/10.2991/icosop-17.2018.55
Joon Woei, R. L., Bikar, S. S., Rathakrishnan, B., & Rabe, Z. (2021). Integrasi Permainan Media Word Wall dalam Pendidikan Sejarah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(4), 69–78. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i4.765. DOI: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i4.765
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 150–159. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Karam, S., Nagahi, M., Dayarathna (Nick), V. L., Ma, J., Jaradat, R., & Hamilton, M. (2020). Integrating systems thinking skills with multi-criteria decision-making technology to recruit employee candidates. Expert Systems with Applications, 160(113585), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.113585. DOI: https://doi.org/10.1016/j.eswa.2020.113585
Kembara, Rozak, & Hadian. (2018). Research-based Lectures to Improve Students’ 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity) Skills. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE), 1(1). https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50, . 20019.11. DOI: https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50
Küsel, J., Martin, F., & Markic, S. (2020). University students’ readiness for using digital media and online learning—Comparison between Germany and the USA. Education Sciences, 10(11), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci10110313. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci10110313
Luckyardi, S., & Rahman, L. (2021). Application of E-Learning System in the World of Education. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(1), 47–52. https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.327. DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.327
Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Sistem Penilaian Pada Kurikulum 2013. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 153–164. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p153-164. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i2.p153-164
Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.
Ningtiyas, T., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran Ipa Bab Siklus Air Dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115
Nordin, J. M. (2015). Improving Bedside Communication and Promoting Patient-Centered Care through the Development and Use of Translation Flipbooks. Biology of Blood and Marrow Transplantation, 21(2). https://doi.org/10.1016/j.bbmt.2014.11.655. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bbmt.2014.11.655
Nylund, H., & Lanz, M. (2020). Interactive learning activities for education of factory level order-to-delivery process. Procedia Manufacturing, 45(2019), 504–509. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.065. DOI: https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.065
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Putera, I. K. A., Ardyanti, A. A. A. P., Fredlina, K. Q., Sujarwo, W., Satwika, I. P., & Pharmawati, M. (2020). Perancangan Aplikasi Media Interaktif Berbasis Mobile sebagai Pengenalan Artefak Museum. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 43–62. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.2794. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.2794
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536
Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078. DOI: https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078
Rahmatsyah, S. W., & Dwiningsih, K. (2021). Development of Interactive E-Module on The Periodic System Materials as an Online Learning Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 255. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.582. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.582
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732
Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107. DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107
Safitri, I. (2017). Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp. Aksioma, 6(2), 1. https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397
Santoso, A., & Lestari, S. (2019). The Roles of Technology Literacy and Technology Integration to Improve Students’ Teaching Competencies. KnE Social Sciences, 3(11), 243–256–243–256. https://doi.org/10.18502/KSS.V3I11.4010. DOI: https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4010
Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124–135. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12096
Setiawan, N. C. E., Dasna, I. W., & Muchson, M. (2020). Pengembangan Digital Flipbook untuk Menfasilitasi Kebutuhan Belajar Multiple Representation pada Materi Sel Volta. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 107. https://doi.org/10.33394/hjkk.v8i2.3194. DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v8i2.3194
Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Sulistyono, J. (2019). Hubungan antara Motivasi dan Persepsi Siswa Terhadap Guru dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran), 5(2), 2442–3874. https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958. DOI: https://doi.org/10.36728/jis.v19i1.958
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a
Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). Pengembangan Buku Digital Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1184. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084
Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Sdn 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Yuliawati, E. P. T., Surya Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Al-Irsyad, 4(3), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gusti Ayu Made Mia Arisandhi, I Made Citra Wibawa, Kadek Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)