Instrumen Tryout Literasi Baca Tulis PISA Like untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Ketut Yuda Parwati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55237

Keywords:

Instrumen, Literasi baca-tulis, PISA Like

Abstract

Kemampuan literasi membaca siswa Indonesia yang rendah disebabkan karena adanya keterbatasan alat ukur pada literasi baca-tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Tryout literasi baca tulis PISA Like. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni dua validator, dua praktisi, dan enam siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-tes, dengan instrument penelitian berupa kuesioner menggunakan rating scale. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif serta metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa instrumen tryout yang berbasis PISA Like memiliki koefisien validitas isi 1,00 sehingga dinyatakan valid. Selain itu, instrumen yang dikembangkan memiliki persentase respon praktisi sangat baik dengan persentase 96,56% dari respon prakrtisi serta respon siswa dengan persentase 97,61%. Seluruh butir soal memiliki dinyatakan valid dan reliabel. Memiliki aspek daya pembeda soal yang telah memenuhi kriteria daya pembeda yang baik. Serta indeks kesukaran 0% dengan kategori sukar, 10% dengan kriteria tingkat kesukaran sedang dan 90% dengan kriteria tingkat kesukaran mudah. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa instrument literasi valid dan reliabel untuk dikembangkan dan digunakan dalam proses penilaian kemampuan literasi siswa.

References

Alfin, J. (2019). Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai Bahan Ajar Literasi Membaca di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 71–88. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88. DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88

Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(1), 107–116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152. DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685. DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714. DOI: https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714

Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik Pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048

Indrawati, I., Yuniawatika, Y., & Suminah, S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Setipe PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V SD LAB UM. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 629–639. https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p629-639. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p629-639

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615

Kusripinah, E., Roro, R., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507. DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507

Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 30(1), 57–72. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1355.

Meliyanti, M., & Aryanto, S. (2022). Upaya Pemerintah dalam Mendorong Kompetensi Literasi Guru melalui Program Beasiswa Microcredential di Teachers College Columbia University. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13840–13856. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666

Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939

Putri, R. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa Pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78

Septiani, D., Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Pisa Pada Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Untuk Siswa Kelas VII. Science Education and Application Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.144. DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.144

Shoimah, R. N. (2020). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah (Studi Kasus di SDN Karah 1 Surabaya). MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 1–17. https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.984. DOI: https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.984

Siregar, M. R. B., Angelina, A. D., Maisarah, M., Annisa, L., Mardianto, M., & Haidir, H. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Tsnawiyah Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XISMA Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya). Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tarisa, T., Hilyana, F. S., & Arsyad Fardani, M. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348

Usman, I., Hamidah, N., Utari, R., Muhammad, A. N., Isfara, B. A., & Hidayat, Y. H. (2022). Hubungan Antara Mindful Parenting dengan Literasi Baca-Tulis Remaja di Kampung Cisanggarung Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 311–330. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2476. DOI: https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2476

Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55

Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan Literasi Baca Tulis Pada Siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503

Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Ni Ketut Yuda Parwati. (2023). Instrumen Tryout Literasi Baca Tulis PISA Like untuk Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 121–129. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55237

Issue

Section

Articles