Instrumen Tryout Literasi Baca Tulis PISA Like untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55237Keywords:
Instrumen, Literasi baca-tulis, PISA LikeAbstract
Kemampuan literasi membaca siswa Indonesia yang rendah disebabkan karena adanya keterbatasan alat ukur pada literasi baca-tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian Tryout literasi baca tulis PISA Like. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni dua validator, dua praktisi, dan enam siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode non-tes, dengan instrument penelitian berupa kuesioner menggunakan rating scale. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif serta metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa instrumen tryout yang berbasis PISA Like memiliki koefisien validitas isi 1,00 sehingga dinyatakan valid. Selain itu, instrumen yang dikembangkan memiliki persentase respon praktisi sangat baik dengan persentase 96,56% dari respon prakrtisi serta respon siswa dengan persentase 97,61%. Seluruh butir soal memiliki dinyatakan valid dan reliabel. Memiliki aspek daya pembeda soal yang telah memenuhi kriteria daya pembeda yang baik. Serta indeks kesukaran 0% dengan kategori sukar, 10% dengan kriteria tingkat kesukaran sedang dan 90% dengan kriteria tingkat kesukaran mudah. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa instrument literasi valid dan reliabel untuk dikembangkan dan digunakan dalam proses penilaian kemampuan literasi siswa.
References
Alfin, J. (2019). Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan Islam sebagai Bahan Ajar Literasi Membaca di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 71–88. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88. DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.1.71-88
Apriyani, T. (2020). Pembelajaran Sastra Populer Berbasis Wattpad Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis. Suar Betang, 15(1), 107–116. https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152. DOI: https://doi.org/10.26499/surbet.v15i1.152
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685. DOI: https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58–66. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714. DOI: https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1714
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik Pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v10i2.4554
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Indrawati, I., Yuniawatika, Y., & Suminah, S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Setipe PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V SD LAB UM. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(7), 629–639. https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p629-639. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v2i72022p629-639
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842. DOI: https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615
Kusripinah, E., Roro, R., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507. DOI: https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507
Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Mawadah, A. H. (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 30(1), 57–72. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1355.
Meliyanti, M., & Aryanto, S. (2022). Upaya Pemerintah dalam Mendorong Kompetensi Literasi Guru melalui Program Beasiswa Microcredential di Teachers College Columbia University. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13840–13856. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989
Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206
Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939
Putri, R. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa Pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.71-78
Septiani, D., Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Pisa Pada Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Untuk Siswa Kelas VII. Science Education and Application Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.144. DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.144
Shoimah, R. N. (2020). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah (Studi Kasus di SDN Karah 1 Surabaya). MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 1–17. https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.984. DOI: https://doi.org/10.52166/mida.v3i2.984
Siregar, M. R. B., Angelina, A. D., Maisarah, M., Annisa, L., Mardianto, M., & Haidir, H. (2022). Peran Literasi Baca Tulis Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Tsnawiyah Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 149–159. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i2.237
Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XISMA Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka tentang Problematika dan Solusinya). Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Tarisa, T., Hilyana, F. S., & Arsyad Fardani, M. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348
Usman, I., Hamidah, N., Utari, R., Muhammad, A. N., Isfara, B. A., & Hidayat, Y. H. (2022). Hubungan Antara Mindful Parenting dengan Literasi Baca-Tulis Remaja di Kampung Cisanggarung Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Jawa Barat. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 311–330. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2476. DOI: https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2476
Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55. DOI: https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Widiyarto, S., Cleopatra, M., Sahrazad, S., Ati, A. P., Sandiar, L., & Widiarto, T. (2021). Penyuluhan Literasi Baca Tulis Pada Siswa SMA. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 122–126. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2503
Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234. DOI: https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Ketut Yuda Parwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)