PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI KECENDERUNGAN KOMUNIKASI PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 UBUNG

Authors

  • I Made Arifawan .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pkn kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan kecenderungan komunikasi lisan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan kecenderungan komunikasi tertulis pada tema tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri 5 Ubung. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Prates-Pascates Kelompok Statis (The Static Group Pretest-Postest Disign). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 5 Ubung yang berjumlah 65 orang yang terdiri dari 30 siswa kelas IVA dan 35 siswa kelas IVB. Sampel berjumlah 60 orang yang diambil menggunakan sampling jenuh dengan teknik matching. Data hasil belajar PKn dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda biasa dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, dan d). Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan komunikasi lisan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio dengan komunikasi tertulis. Hal ini dibuktikan dari perolehan thitung = 2,30 dan ttabel =2,00 dengan demikian thitung = 2,30 > ttabel = 2,00. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik berbasis asesmen portofolio terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari kecenderungan komunikasi pada tema tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri 5 Ubung.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, asesmen portofolio, hasil belajar PKn, kecenderungan komunikasi

The purpose of this research was to determine the differences between learning outcomes of citizenship education in a group of students by using scientific approach based on portfolio assessment with the tendency of verbal communication and learning outcomes of citizenship education in a group of students by using scientific approach based on portfolio assessment with the tendency of written communication in the fourth grade students of 5 Ubung Elementary School. This research was a pre experimental research with the static Group Pretest-Posttest Design. The population of this research was the fourth students of 5 Ubung Elementary School with total of 65 students,consist of 30 students from IVA class and 35 students of IVB class. The sample of this research was taken by using saturated sampling method with matching technique. The data of citizenship learning outcomes was obtained by using simple multiple choice test with four options (a, b, c, dan d). Data was analyzed by using T-test. The result of this research shows that there is significant difference oflearning outcomes of citizenship education in a group of students by using scientific approach based on portfolio assessment with the tendency of verbal communication and in a group of students by using scientific approach based on portfolio assessment with the tendency of written communication. It can be proved from the result of tcount = 2,30 and ttable= 2,00 so tcount= 2,30 >ttable= 2,00. So that H0 rejected and Ha accepted. Based on this result can be concluded that there is a significant effect of scientific approach based on portfolio assessment towards learning outcomes of citizenship education reviewed from the tendency of communication in eight theme of fourth grade students in 5 Ubung Elementary School.
keyword : Scientific approach, portfolio assessment, learning outcomes of citizenship education, tendency of communication.

Published

2015-07-28

How to Cite

., I. M. A., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. I. M. S. M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI KECENDERUNGAN KOMUNIKASI PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 UBUNG. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5549