PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD

Authors

  • Agung Ayu Komang Candra Ayuni Dewi .
  • Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum .
  • Drs. Ndara Tanggu Renda .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konflik kognitif berbantuan peta konsep dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Semester 2 SD No.1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain Non Equivalent Post-test Only Kontrol Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD No. 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 56 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas IVA SD No. 1 Sangsit yang berjumlah 29 orang dan kelas IVB SD No. 1 Sangsit yang berjumlah 27 orang. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konflik kognitif berbantuan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Semester 2 SD No.1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7,35 > 2,021).
Kata Kunci : model pembelajaran konflik kognitif, peta konsep, hasil belajar IPA

This research attemped to determine the significant differences science learning outcomes between learn student with conflict cognitve learning model help concept map and learn student with conventional learning model in 4th grade 2th semester elementary school No. 1 Sangsit Sawan subdistrict Buleleng regency academic year 2014/2015. This research is a quasi experiment reseach with using design Non Equivalen Post-test Only Control Group Design. The population in this study were all student off 4th grade elementary school No. 1 Sangsit Sawan subdistrict Buleleng regency academic year 2014/2015 the number off student 56. The samples in this study were all student off 4th grade elementary school No. 1 Sangsit which consists of two classes, namely the number off students IVA class 29 and class IVB that the number of students 27. Science learning outcomes file student of understanding with instrument multiple choice tests. The file collected were analyzed using descriptive statistik and inferential statistics (t-test). The result indicated that there was significant differences science learning outcomes between learn student with conflict cognitve learning model help concept map and learn student with canventional learning model in 4th grade 2th semester elementary school No. 1 Sangsit Sawan subdistrict Buleleng regency academic year 2014/2015. This is proved by the results of value tobserve > ttable (7,35 > 2,021).
keyword : conflict cognitive learning model, concept map, science learning outcomes

Published

2015-07-28

How to Cite

., A. A. K. C. A. D., ., D. N. N. G. M., & ., D. N. T. R. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5554