Media Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana

Authors

  • Devi Ni Made Sunaryan Niriavidya Undiksha
  • Basilius Redan Werang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55580

Keywords:

Instructional Media, Digital Comics, Local Wisdom

Abstract

Bahan ajar yang disediakan disekolah tidak sepenuhnya mampu membantu proses belajar siswa, sehingga banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menyediakan sebuah media pembelajaran komik digital berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana bagi siswa kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 orang ahli isi materi, 2 orang ahli media pembelajaran, 1 orang praktisi, dan 37 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner, dengan instrument menggunakan Rating Scale. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa tanggapan ahli isi materi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 93,08 %, sedangkan tanggapan ahli media berada pada kategori baik dengan persentase 83,57 %. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat praktis karena berada pada kategori sangat baik dengan persentase tanggapan guru sebesar 97,4 % dan persentase tanggapan siswa sebesar 91,54 %. Sehingga berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis kearifan lokal Tri Hita Karana sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

References

Adi, G. M., & Sujana, I. W. (2021). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem SlolvingTri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764.

Afnan, M., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2022). Media Pembelajaran IPS Berbasis Android pada Topik Globalisasi di Sekitarku Bermuatan Tri Hita Karana untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44487.

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195.

Akhadiyah, D. D., Ulfatin, N., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Muatan Life Skills Dalam Kurikulum 2013 Dan Manajemen Pembelajarannya. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 107–113. https://doi.org/10.17977/um027v2i32019p107.

Albar, J. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 273–279. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.891.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

Darmayanti, N. K., & Abadi, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481.

Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4311.

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497.

Didik, I. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1512.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jaya, K. A. (2019). Membangun Mutu Pendidikan Karakter Siswa Melalui Implementasi Ajaran Tri Hita Karana. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 57. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i1.759.

Kusumaningrum, D., & Masruro, A. (2022). Development of Learning Media Flipbook Digital Comic Based on Local Wisdom to Increase Learning Interest. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline814.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga “Widya Suputra” Berbasis Nilai Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32629.

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363.

Mu’arif, A. N., Damayanti, F., Akmalia, R., Arsfenti, T., & Darmadi, D. (2021). Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324.

Mudopar, M., Rahayu, I., & Marwati, T. (2022). Desain Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 94. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.6478.

Mustofa, M., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371.

Ngazizah, N., Rahmawati, R., & Oktaviani, D. L. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187.

Nurketi, N., Pratiwi, V., & Putri, F. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pikapratiwi, P. K. N., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.

Puspito, W. G., Sutopo, A., & Desstya, A. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Tematik Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 6(1), 354–363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1911.

Putra, K., & Yudha, K. (2021). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Sarana Bisnis Digital Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Imagine, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.26.

Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar International Islamic School (INTIS) Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18596.

Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 70. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19464.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2487.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.

Salahudin, Syahnaz, E., Wihaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 61–70. https://media.neliti.com/media/publications/442271-none-6e94c5cd.pdf.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690.

Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.

Senjaya, R. P. (2022). Development of Digital Comic Media to Increase Learning Interest of Elementary School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248.

Setyawati, N. K., Japa, I. G. N., & Gading, I. K. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820.

Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425.

Sudiantini, N. P. A., Sri Asri, I. G. A. A., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 166. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18159.

Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796.

Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748.

Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Bina Ilmiah, 16(5), 6873–6882. https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1392.

Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 49. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32105.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.

Yasa, I. W. P. (2020). Tri Hita Karana untuk Pencegahan COVID-19 di Bali. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(1), 54. https://doi.org/10.24036/scs.v7i1.176.

Zulkifli, Nurmayanti, N., & Ferdiansyah, H. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1123.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Ni Made Sunaryan Niriavidya, D., & Werang, B. R. . (2023). Media Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 71–80. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.55580

Issue

Section

Articles