PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

Authors

  • Ni Wayan Nopi Adnyani .
  • Drs. I Ketut Gading,M.Psi .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5651

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran non kooperatif, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, dan (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 57 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner untuk mengukur motivasi berprestasi dan tes untuk mengukur hasil belajar IPS. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji Anava AB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya, hal ini dibuktikan dengan nilai (F=4,393; p<0,05). 2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi tinggi terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya, hal ini dibuktikan dengan nilai (F=9,469; p<0,05). 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri 4 Manukaya, hal ini dibuktikan dengan nilai (F=4,725; p<0,05).
Kata Kunci : model TAI, hasil belajar, motivasi berprestasi

This study aims to determine (1) the difference between student learning outcomes IPS that learned by cooperative learning model of TAI and students that learned with non-cooperative learning model, (2) the difference between the learning outcomes of students who have high achievement motivation and low achievement motivation, and (3) the effect of the interaction between the model of learning and achievement motivation. This research is a quasi experimental research. The subjects of this study is the fourth grade in primary school 4 Manukaya school year 2014/2015, amounting to 57 people. Data were collected by using a questionnaire to measure achievement motivation and tests to measure learning outcomes IPS. Data collected were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics (ANOVA test AB). The results showed that (1) there are effect cooperative learning model of TAI on student learning outcomes IPS, this is evidenced by the value (F=4,393; p<0,05). 2) There are effect high achievement motivation student on student learning outcomes IPS, this is evidenced by the value (F=9,469; p<0,05). 3) There is interaction between the model of learning and achievement motivation on student learning outcomes IPS indicated by the value (F=4,725; p<0,05).
keyword : TAI models, learning outcomes, achievement motivation

Published

2015-07-30

How to Cite

., N. W. N. A. ., ., D. I. K. G., & ., I. M. C. W. S. M. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5651

Issue

Section

Articles