PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN OPERASIONAL KONKRET

Authors

  • Kadek Inten Nathalia .
  • Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan penalaran operasional konkret. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV Gugus III Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2014/2015 dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes penalaran operasional konkret dan tes hasil belajar matematika berupa tes objektif. Data diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dilanjutkan dengan uji t-Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, yang ditunjukkan oleh hasil uji F(A)hitung = 7,13 > Ftabel(α=0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran yang diterapkan dengan kemampuan penalaran operasional konkret terhadap hasil belajar matematika, yang ditunjukkan oleh F(AB)hitung = 37,61 > Ftabel(α=0,05), (3) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki kemampuan penalaran operasional konkret tinggi, yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung =6,23(α=0,05), (4) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis proyek untuk siswa yang memiliki kemampuan penalaran operasional konkret rendah,yang ditunjukkan dari hasil nilai thitung =2,52(α=0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan penalaran operasional konkret siswa kelas IV SD Gugus III Kabupaten Klungkung.
Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, penalaran

This research aimed to determine the effect of project-based learning model for mathematics learning achievement based on concrete operational reasoning. The population involved in this research was all students at class IV Cluster III Klungkung in the academic year of 2014/2015 with the research design Post-test Only Control Group Design. The sample in this study amounted to 71 people were selected using random sampling. The data were collected by using tests concrete operational reasoning and mathematics achievement test in the form of objective tests. The data is processed by using analysis of two-tailed variance (ANOVA) followed by t-Scheffe test. The results indicated that: (1) there is difference of mathematics learning achievement between students that learning with project-based learning model and students that learning with conventional learning, which is shown by the results of the test F (A) count = 7.13> Ftabel (α = 0.05), (2) there is an interaction between learning approach and concrete operational reasoning on students’ mathematics achievement, shown by F (AB) count = 37.61> F table (α = 0.05), (3) the mathematics achievement of student who learning with the project-based learning is higher than the students who learning with the conventional learning for students who have a high concrete operational reasoning, which is shown from the results of the t = 6.23 (α = 0.05), (4) the mathematics achievement of student who learning with the conventional learning is higher than the students who learning with the project-based learning for students who have a low concrete operational reasoning, which is shown from the results of the t = 2.52 (α = 0.05). Based on the finding it could be conclude project-based learning is contribute towards the mathematics learning achievement based on concrete operational reasoning for the students class IV Cluster III Klungkung.
keyword : achievement of learning, project-based learning, reasoning

Published

2015-07-30

How to Cite

., K. I. N., ., P. D. G. S., & ., D. G. N. J. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN OPERASIONAL KONKRET . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5656

Issue

Section

Articles