PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL GAYA BELAJAR

Authors

  • Komang Trisna Mahartini .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • I Gede Astawan, S.Pd.,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan asesmen portofolio, (2) perbedaan prestasi belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan asesmen portofolio, setelah variable gaya belajar dikendalikan, dan (3) kontribusi kovariabel gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV A SD Negeri 4 Kampung Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A SD Negeri 4 Kampung Baru tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas 28 siswa. Sampel penelitian ini yaitu selas IV A SD Negeri 4 Kampung Baru yang berjumlah 28 siswa yang dipilih dengan teknik sensus study. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar IPA dan tes Gaya Belajar. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil análisis data, diperileh hasil sebagai berikut. Pertama terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan asesmen portofolio (Fhitung=62,642 > Ftabel=4,22), kedua, terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan asesmen portofolio setelah variable gaya belajar dikendalikan (Fhitung = 45,526 > Ftabel = 4,22), dan ketiga, Terdapat kontribusi yang signifikan kovariabel gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa (Fhitung = 0,505 > Ftabel = 0,374)
Kata Kunci : pendekatan saintifik berbantuan asesmen portofolio, prestasi belajar IPA, gaya belajar

This study aims to determine (1) differences in students ' science learning achievement after learning by using a scientific approach aided the portfolio assessment, (2) differences in students' science learning achievement after learning by using a scientific approach aided assessment portfolio, after controling the learning variable styles, and (3) contribution of covariates learning style on science learning achievement in IV grade of SD Negeri 4 Kampung Baru. The type of this study is pre-experimental study with research design with one group pretest posttest design. The study population was all students in IV grade on A class of SD N 4 Banjar Tegal at 2014/2015 academic year and consisting of 28 students. This research sample is IV grade on A class of SD Negeri 4 Kampung Baru and the totaling 28 students selected to study census techniques. Data collection instruments used in this study is the science achievement test and test Learning Styles. Data were analyzed using descriptive and inferential statistics. Based on the results of the data analysis, the results are as follows. First there are significant differences of science student learning achievement after learning by using scientific approach assisted assessment portfolio (Fhitung = 62.642> Ftabel = 4.22), second, there is a significant difference on students' science learning achievement after learning by using a scientific approach aided the portfolio assessment after learning styles are controlled the variable (F count = 45.526> Ftabel = 4.22), and third, there are a significant contribution on covariates learning styles toward students' science learning achievement (Fhitung = 0.505> Ftabel = 0.374).
keyword : a scientific approach aided the portfolio assessment, students' science learning achievement, learning style

Published

2015-07-30

How to Cite

., K. T. M. ., ., P. D. N. K. S., & ., I. G. A. S. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL GAYA BELAJAR . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5670