PENGARUH MODEL SELF REGULATED LEARNING TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SDN GUGUS XII KECAMATAN BULELENG

Authors

  • Ida Bagus Agung Putra Andreyana .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • Dra. Ni Nengah Madri Antari, M.Erg. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5733

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self Regulated Learning terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di gugus XIII Kecamatan Buleleng. Sebanyak 42 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan sikap sosiali siswa dikumpulkan dengan tes kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial siswa antara siswa yang mengikuti model Self Regulated Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thit 0,41>ttab 0,294), 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model Self Regulated Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (thit 0,95>ttab 0,294), 3) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model Self Regulated Learning dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional(F 10,993>Ftab 0,294). Jadi, model Self Regulated Learning berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD.
Kata Kunci : self regulated learning, sikap sosial, hasil belajar IPS

This study aims to determine the effect of learning models Self Regulated Learning to social attitudes and outcomes fourth grade social studies students. This research is a quasi exsperimen to draft a post-test only control group design. The study population was all students in fourth grade in group XIII Buleleng. A total of 42 students chosen as the sample is determined by random sampling technique. Data collected students' ability to socialize attitude with the test results of the questionnaire and the data collected by the IPS study multiple choice test. Analysis of the data used in this study is Manova. The results showed that, 1) there is a significant difference in students 'social attitude among the students who follow the model of Self-Regulated Learning with students who take the conventional learning model (thit 0.41> ttab 0.294), 2) there is a significant difference between students' learning outcomes IPS which follows the model of Self Regulated Learning with students who take the conventional learning model (thit 0.95> ttab .294), 3) there is a significant difference in social attitudes and social studies learning outcomes among students who follow the model of Self-Regulated Learning with students who take the conventional learning model (F 10.993> Ftab 0.294). Thus, the model of Self Regulated Learning effect on social attitudes and learning outcomes of fourth grade social studies students.
keyword : self-regulated learning, social attitudes, learning outcomes IPS.

Published

2015-07-31

How to Cite

., I. B. A. P. A., ., P. D. A. A. G. A., & ., D. N. N. M. A. M. (2015). PENGARUH MODEL SELF REGULATED LEARNING TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SDN GUGUS XII KECAMATAN BULELENG . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5733

Issue

Section

Articles