PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V

Authors

  • Ni Kadek Candra Waisnawati .
  • Dra. Made Sulastri, M.Pd. .
  • Dra. Ni Nyoman Garminah, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara antara siswa yang melalui pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran dengan siswa dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN di gugus I, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah populasi 191 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling dan berjumlah 46 orang siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data keterampilan berbicara siswa, yang dikumpulkan dengan tes keterampilan berbicara. Tes keterampilan berbicara berbentuk uraian sebanyak 3 butir tes. Data dianalisis secara deskriptif secara manual dan di uji kebenarannya menggunakan SPSS-PC 16 for Windows. Semua pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran bahasa Indonesia (F = 0,905; p<0,05). Nilai rata-rata keterampilan berbicara kelompok siswa yang belajar dengan pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran (μi = 79,3 dan SD = 9,24) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (μj = 72,57 dan SD = 8,79). Kelompok siswa yang belajar dengan pendekatan saintifik berbasis video pembelajaran menunjukkan keterampilan berbicara yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional
Kata Kunci : pendekatan pembelajaran, saintifik, video, berbicara.

This study aims to determine the effect of speaking skills among students through video-based scientific approaches to student learning with conventional learning models. This research is a quasi-experimental research design with nonequivalent post-test only control group design. The study population was all students of class V SDN in group I, District Negara, Jembrana regency in the academic year 2014/2015, which consists of eight classes with a population of 191 people. Samples taken by random sampling and totaled 46 students. The data required in this research is data speaking skills of students, who gathered with test speaking skills. Shaped test speaking skills as much as 3 point test description. Data were analyzed descriptively manually and test the truth using SPSS-PC 16 for Windows. All hypothesis testing was done on a significance level of 5%. Based on the analysis of data, found that there are significant differences in conversational skills among groups of students learning by using video-based scientific approach to learning and a group of students who study using conventional learning models in learning Indonesian (F = 0.905; p <0.05) , The average value of speaking skills with a group of students who study scientific approach to video-based learning (μi = 79.3 and SD = 9.24) compared with the group of students who studied with conventional learning models (μj = 72.57 and SD = 8.79). Groups of students who learn with video-based scientific approach to learning showed higher speaking skills compared with the group of students who studied with conventional learning model
keyword : learning approaches, scientific, video, talking.

Published

2015-07-31

How to Cite

., N. K. C. W., ., D. M. S. M., & ., D. N. N. G. M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5747

Issue

Section

Articles