Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.57719Keywords:
Media, Video Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Pada era globalisasi saat ini, guru dituntut untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran secara maksimal. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran kurang menarik sehingga motivasi belajar siswa turun yang berimplikasi pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis surat undangan bagi siswa kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli isi mata pelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji kelompok kecil, dan 12 siswa uji lapangan. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh 96,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh 91,11% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahlii media pembelajaran diperoleh 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji perorangan 95,33% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji kelompok kecil diperoleh 96,58% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji lapangan diperoleh 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Setelah itu, perhitungan dengan statistik inferensial diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,070 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 3(6), 68–72. www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Ansyari, M. F. (2018). Developing a rubric for assessing pre-service English teacher struggles with instructional planning. Cogent Education, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175. DOI: https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175
Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164
Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556. DOI: https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666
Febriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Fitria, Septiati, E., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Peluang Pada Siswa SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.744.
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, January, 88–90. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013 0882-5963/©. DOI: https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students ’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a
Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Edmodo-Based Blended Learning Media in Learning Mathematics. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 2(2), 107–117. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7416. DOI: https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7416
Hendriyani, M. E., Rifqiawati, I., & Lestari, D. (2022). Online learning videos to develop creative thinking skills of students. Research and Development in Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.20035. DOI: https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.20035
Hildayah, D. (2019). Penggunaan Media Visual, Auditif, dan Kinestik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 137–146.
Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital technology and practices for school improvement: innovative digital school model. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8 RESEARCH. DOI: https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. In 2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan UIN Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8483.
Kamelia, K. (2019). Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom : Expressing Congratulation and Hopes. Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 34–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2742. DOI: https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2742
Kor, H., Aksoy, H., & Erbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-books) Used in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 854–860. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150
Kurniawati, D. (2016). The Use of Video to Enhance the Teaching and Learning Process of Listening English for University Students. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 9(2), 276–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v9i2.373.
Lestari, A. T., Mudzanatun, & Damayani, A. T. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214–225. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Napitupulu, D. S. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Dalam Pendidikan Islam. Tazkiya, 8(1), 125–138.
Nonthamand, N. (2020). Guideline to Develop an Instructional Design Model Using Video Conference in Open Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(3), 140–155. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.10842. DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.10842
Novaliendry, D., Darmi, R., Hendriyani, Y., & Azman, M. N. A. (2020). Smart Learning Media Based on Android Technology. International Journal of Innovation, Creativity and Change., 12(11), 715–735.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurdin, E., Ma, A., Amir, Z., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://doi.org/doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.
Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a. DOI: https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344
Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air Untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Rachmadtullah, R., Zulela, M., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2051–2054. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Rahmawati, R., & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Imu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163. DOI: https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163
Riyanto, M., Jamaludin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi videoscribe pada mata pelajaran ips di sekolah dasar. Riyanto, Muhammad Jamaludin, Ujang Pamungkas Aan Subhan, 11(2), 1–11. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070
Safrizal, & Dani, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Maket Rumah Sederhana Pada Mata Pelajaran Membuat Gambar Rencana Kelas X TGB SMK Negeri Kudu Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 39–47.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Saragi, R., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538.
Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /jpe.v8i1.19641.
Syahrial, Arial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030
Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784
Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Teng, M. F. (2019). The effects of video caption types and advance organizers on incidental L2 collocation learning. Computers & Education, 142, 14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103655. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103655
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yudana, I. K. T., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Video Pembelajaran Berpendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41526 Video.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/354.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Ayu Tantri, Anak Agung Gede Agung, Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)