Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V

Authors

  • Dwi Ayu Tantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.57719

Keywords:

Media, Video Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, guru dituntut untuk dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran secara maksimal. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran kurang menarik sehingga motivasi belajar siswa turun yang berimplikasi pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis surat undangan bagi siswa kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli isi mata pelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji kelompok kecil, dan 12 siswa uji lapangan. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh 96,00% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahli desain pembelajaran diperoleh 91,11% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji ahlii media pembelajaran diperoleh 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji perorangan 95,33% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji kelompok kecil diperoleh 96,58% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji lapangan diperoleh 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Setelah itu, perhitungan dengan statistik inferensial diperoleh nilai t-tabel sebesar 2,070 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

References

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.

Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369.

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 3(6), 68–72. www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ansyari, M. F. (2018). Developing a rubric for assessing pre-service English teacher struggles with instructional planning. Cogent Education, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164.

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666.

Febriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Fitria, Septiati, E., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Materi Peluang Pada Siswa SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 51–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.744.

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, January, 88–90. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013 0882-5963/©.

Hanif, M. (2020). The Development and Effectiveness of Motion Graphic Animation Videos to Improve Primary School Students ’ Sciences Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a.

Helsa, Y., & Kenedi, A. K. (2019). Edmodo-Based Blended Learning Media in Learning Mathematics. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 2(2), 107–117. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7416.

Hendriyani, M. E., Rifqiawati, I., & Lestari, D. (2022). Online learning videos to develop creative thinking skills of students. Research and Development in Education, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.20035.

Hildayah, D. (2019). Penggunaan Media Visual, Auditif, dan Kinestik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 137–146.

Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital technology and practices for school improvement: innovative digital school model. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41039-018-0094-8 RESEARCH.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. In 2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan UIN Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8483.

Kamelia, K. (2019). Using Video as Media of Teaching in English Language Classroom : Expressing Congratulation and Hopes. Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 1(1), 34–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/utamax.v1i1.2742.

Kor, H., Aksoy, H., & Erbay, H. (2014). Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-books) Used in Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 854–860. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150.

Kurniawati, D. (2016). The Use of Video to Enhance the Teaching and Learning Process of Listening English for University Students. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 9(2), 276–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v9i2.373.

Lestari, A. T., Mudzanatun, & Damayani, A. T. (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 214–225. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p214-225.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 79–83. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221.

Napitupulu, D. S. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Dalam Pendidikan Islam. Tazkiya, 8(1), 125–138.

Nonthamand, N. (2020). Guideline to Develop an Instructional Design Model Using Video Conference in Open Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(3), 140–155. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.10842.

Novaliendry, D., Darmi, R., Hendriyani, Y., & Azman, M. N. A. (2020). Smart Learning Media Based on Android Technology. International Journal of Innovation, Creativity and Change., 12(11), 715–735.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103.

Nurdin, E., Ma, A., Amir, Z., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://doi.org/doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Pramana, M. W., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830.

Purwono, Joni, D. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(2), 127–144.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.

Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325–338. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.344.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air Untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.

Rachmadtullah, R., Zulela, M., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2051–2054. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384.

Rahmawati, R., & Amal, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Imu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.163.

Riyanto, M., Jamaludin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi videoscribe pada mata pelajaran ips di sekolah dasar. Riyanto, Muhammad Jamaludin, Ujang Pamungkas Aan Subhan, 11(2), 1–11. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419.

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Panjura Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p070.

Safrizal, & Dani, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Maket Rumah Sederhana Pada Mata Pelajaran Membuat Gambar Rencana Kelas X TGB SMK Negeri Kudu Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 39–47.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, & Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348.

Saragi, R., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538.

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /jpe.v8i1.19641.

Syahrial, Arial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030.

Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 63. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784.

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Teng, M. F. (2019). The effects of video caption types and advance organizers on incidental L2 collocation learning. Computers & Education, 142, 14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103655.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & S, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.

Yudana, I. K. T., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Video Pembelajaran Berpendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 89–97. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41526 Video.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237. http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/354.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Tantri, D. A., Anak Agung Gede Agung, & Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana. (2023). Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.57719

Issue

Section

Articles