PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Wayan Raditya .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2014/2015 yang belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berada di Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2014/2015. Tehnik sampel yang digunakan yaitu random sampling. Hasil sampel yang didapat yaitu kelas VI SDN 18 Dangin Puri sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa, dan siswa kelas VI SDN 1 Tonja sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t sebesar 2,47. Pada taraf signifikansi 5% (α= 0,05) atau tingkat kepercayaan 95% dengan dk 31 + 32 - 2 = 61 diperoleh ttabel 2,000. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yakni 2,47 > 2,000. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences between students' science learning outcomes sixth grade Force Lieutenant Made Putra School Year 2014/2015 are learning through cooperative learning Think Pair Share and students who learn through conventional teaching The population in this study were all sixth grade students who are in Force Lieutenant Made Putra School Year 2014/2015. Sampling technique used is random sampling. Sample results obtained are class VI SDN 18 Dangin Puri as the experimental group, amounting to 31 students, and students of class VI SDN 1 Tonja as a control group numbering 32 students. Student learning outcome data collected through the test method with multiple choice objective test instruments. Data were analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences in learning outcomes between students learning science through cooperative learning model Think Pair Share and students who learn through conventional learning. It is shown from the results of the t test of 2.47. At the 5% significance level (α = 0.05) or the 95% confidence level with dk 31 + 32-2 = 61 obtained t-table 2,000. So tcount greater than t-table ie 2.47> 2.000. Because t count> t table then H0 is rejected, which means that there are significant differences in learning outcomes between students learning science through cooperative learning model Think Pair Share and students who learn through conventional learning. Thus it can be concluded that there are significant cooperative learning model Think Pair Share on learning outcomes of sixth grade science students Force Lieutenant Made Putra School Year 2014/2015.
keyword : Cooperative learning Think Pair Share , science learning outcomes .

Published

2015-08-03

How to Cite

., I. W. R., ., D. M. R. K., & ., D. I. M. S. M. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5800