Media Big Book: Solusi Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58055Keywords:
media big book, kemampuan membaca permulaanAbstract
Rendahnya kemampuan literasi menjadi salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor dari kemampuan literasi adalah kemampuan membaca. Nyatanya kemampuan membaca siswa di kelas rendah masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa di kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) adapun bentuk desain rancangan penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa, dengan melibatkan sampel sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode nontes, nontes yang digunakan berupa observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Uji Mann Whitney U-Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan yang dibelajarkan menggunakan media big book dengan yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media big book berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD.
References
Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, R. A., & Hermita, N. (2021). Pengembangan Big Book Sekolah Dasar. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.31258/JTA.V4I1.86-95. DOI: https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.86-95
Andriani, T., & Nuroh, E. Z. (2023). Big Book Media on Beginning Reading Skills of Grade 2 Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Methods Development, 22(1). https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.742. DOI: https://doi.org/10.21070/ijemd.v22i.742
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/PAUD.V9I3.40594. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 192–202. https://doi.org/10.23887/PAUD.V7I2.18994. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994
Asmah, U., Hayati, Z., & Juwita, R. P. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
Astuti, N. H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 105. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17386
Aulia, M., Adnan, M. Y., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.245. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.35
Diantari, N. M. E., & Tirtayani, L. A. (2020). Motivation for Learning English Early Childhood Through Storytelling Method Using e-Big Book media. Journal of Education Technology, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25155
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Ghazali, S., Amin, M., Suci, W., Rahmawati, N., & Anecy, G. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37. https://doi.org/10.35891/MUALLIM.V4I2.3141. DOI: https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.2. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.56
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.526. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3650. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Kamaluddin, A., & Rusnilawati. (2022). The Effect of Quantum Learning Model With Big Book Media on Reading and Writing Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 568–574. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.54444. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.54444
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361
Mardiyanti, L., Hamdani Maula, L., Rizqia Amalia, A., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387–6397. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3227. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3227
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 44–53. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907
Nursanti, A. (2020). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 004 Baturijal Hulu Kecamatan Peranap. Jurnal Pendidikan, 11(2), 70–82. https://doi.org/10.31258/JP.11.2.70-82. DOI: https://doi.org/10.31258/jp.11.2.70-82
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.787. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738–745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581
Ramadhan, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.21093/TWT.V8I1.3208.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I4.3129. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Rohmah, M., & Hidayat, M. T. (2022). The Effectiveness of Media Games Books and Big Books on the Learning Outcomes of Indonesia Language for Elementary School Students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 340–348. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.51216. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.51216
Saefuddin, A., Malik, A., Maulidah, I. R., Chusni, M. M., Salahudin, A., & Carlian, Y. (2019). Students’ reading skills related to science learning using big book media. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012089. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012089. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012089
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Solihin, L. (2020). Darurat Literasi Membaca di Kelas Awal. Masyarakat Indonesia, 46(1), 34–48. https://doi.org/10.14203/JMI.V46I1.914. DOI: https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.914
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Susilo, S. V., Yonanda, D. A., & Pratiwi, R. (2020). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978. DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.978
Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). Pengembangan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/27085/24789.
Tatminingsih, S. (2022). Analisis Proses Pengembangan Big Book sebagai Strategi untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6123–6136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3384
Triana, M., Sumardi, S., & Rahman, T. (2020). Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 24–38. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27194
Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877
Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Putu Liana Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)