Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia

Authors

  • Marisa Trisofirin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ardhana Januar Mahardani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Hadi Cahyono Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Shohenuddin Staff KBRI Malaysia
  • Bimo Rahadi Wiratmoko University Of Malaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58148

Keywords:

nasionalisme, migran, non dokumen, sanggar bimbingan

Abstract

Indonesia adalah negara dengan jumlah pekerja migran yang cukup besar, termasuk di Malaysia. Tidak sedikit anak pekerja migran Indonesia yang berstatus non dokumen dan hidup dalam kondisi sulit. Fenomena perpindahan migrasi tanpa dokumen memiliki pengaruh yang signifikan, salah satunya adalah terhadap karakter nasionalisme. Penelitian ini bertujuan menganalisis pandangan nasionalisme dari anak pekerja migran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini yaitu 3 peserta didik kelas 4, 5 dan 6 di sanggar bimbingan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak pekerja migran Indonesia memiliki sikap nasionalisme yang positif. Hal ini terlihat dari penilaian pada 5 indikator nasionalisme yang meliputi kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, kesediaan berkorban demi kepentingan bangsa, penerimaan terhadap perkembangan zaman, dan kebanggaan dengan warisan budaya. Sikap positif tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Temuan peneliti menunjukkan bahwa status pekerja migran non dokumen tidak menjadi penghalang bagi anak pekerja migran Indonesia untuk memiliki sikap nasionalisme yang positif. Pemerintah Indonesia dan Malaysia dapat berperan aktif dalam meningkatkan kondisi dan hak-hak anak pekerja migran Indonesia di Malaysia serta mendukung pendidikan dan pemahaman tentang nasionalisme yang lebih baik.

References

Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan dan Hubungan Kerja Di Indonesia Industrial. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 268–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49.

Agung, D. (2017). Memperkokoh identitas nasional untuk meningkatkan nasionalisme. Media Informasi Kementrian Pertahanan Wira, 69(53), 6–12. https://www.kemhan.go.id/wp-content/uploads/2018/01/ wiraindowebnovdeskomplit.pdf.

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.

Alunaza, H., Cantika, S., Anggara, D. M., Umniyah, A., Anindya, K., Putri, S., & Manurung, G. N. (2022). Analisis Diplomasi Indonesia-Malaysia Dalam Menangani Praktek Penyelundupan Pekerja Ilegal Di Perbatasan Aruk Kalimantan Barat. Journal of International Relations (JoS), 1(1), 1–19. https://unimuda.e-journal.id/jurnalhubunganinternasional/article/view/2642.

Arwildayanto, Arifin, S., & Warni, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. Jurnal Kebijakan Publik, 53(9), 1689–1699. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/3153.

Aswindo, M., & Hanita, M. (2021). Kerentanan dan Ketahanan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.372.

Ayunda, R., Yusuf, R. R., & Disemadi, H. S. (2021). Efektivitas Kebijakan Pemerintah Tentang Perlindungan Sosial Pekerja Migran Indonesia: Studi Hukum di Provinsi Kepulauan Riau. JUSTISI, 7(2), 89–104. https://doi.org/10.33506/js.v7i2.1248.

Aziz, Z. A., Yusuf, Y. Q., Nasir, C., & Masyithah, C. (2017). Cross-Linguistic Influences Of Malay Through Cartoons On Indonesian Children’s Language Use In The Home Domain. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(2), 101. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8135.

Baequni, Suryadi, & Hanim, Z. (2019). The school-based Pesantren in border state, an alternative to caracter education for children of Indonesian migrant workers ? International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(6), 26–29. https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282026.

Basuni, B. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1), 71. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740.

Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) Di Purwakarta. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.723.

Chriswuri, G. (2019). Analisis Terhadap Minat Kerja TKI Purna di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5929.

Farhan, M. F. (2022). Peran Nasionalisme dalam Kemandirian Bangsa dan Kemandirian Industri Pertahanan. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 52–58. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.8156.

Finaldin, T., & Yulianti, N. N. (2021). Implementasi Kerja Sama Indonesia Dan Malaysia Dalam Penanganan Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia Pada Pemerintahan Periode Kedua Susilo Bambang Yudhoyono (2009-2014). Global Mind, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.53675/jgm.v3i1.229.

Hasanah, U. (2020). Internalisasi Ideologi Pancasila Melalui Lagu Kebangsaan Untuk Mencegah Memudarnya Nasionalisme. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846.

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.

Kasih, E. (2018). Pelaksanaan Prinsip- Prinsip Demokrasi Dalam Sistem Politik Di Indonesia Guna Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 34(4), 1–87. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/121.

Mahardhani, A. J. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp56-63.

Maksum, A., & Surwandono, S. (2018). Nasionalisme Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia dalam Narasi Media Sosial. Nation State: Journal of International Studies, 1(2), 159–179. https://doi.org/10.24076/nsjis.2018v1i2.124.

Malik, A. (2020). Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 101–108. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401.

Nada, S., Ekaprasetya, A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Millenial di Era Globalisasi melalui Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7853–7858. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2256.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.

Nasirin, A. A. (2020). Profesionalisasi Buruh Migran Indonesia (BMI) dalam Revolusi Industri 4.0. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(1), 39–50. https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i1.1174.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214.

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 34–46. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10082.

Pranadita, N. (2020). Problematika Penempatan Tenaga Kerja Asing Kaitannya dengan Disharmonisasi Hubungan Kerja dan Nasionalisme Pekerja Lokal. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i1.4380.

Prasetyo, D. T., Tarma, & Putri, V. U. G. (2020). “Aku Masih Cinta Indonesia”: Studi Pendidikan Karakter Nasionalisme Dalam Keluarga Pada Anak-Anak Buruh Migran Indonesia Di Malaysia. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 87–97. https://doi.org/10.21009/jkkp.071.08.

Puanandini, D. A. (2021). Penegakan Hukum Tindak Pidana Perdagangan Orang Pekerja Migran Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(2), 257–270. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i2.9938.

Rukiyati, R., Hajaroh, M., & Purwastuti, L. A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal Para Buruh Migran Di Hong Kong. Foundasia, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162.

Saroni, S. (2018). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah. Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 15(1), 47–75. https://doi.org/10.52186/aviasi.v15i1.5.

Suciati, A., & Sembiring, M. F. (2020). Penerapan Nilai Nasionalisme Terhadap Rasa Cinta Tanah Air (Studi di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat). Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.267.

Suhada, M. (2019). Hubungan Sikap Dalam Upacara Bendera Dengan Rasa Nasionalisme Dalam Pelajaran PPKN Padasiswa Kelas X SMK Pelita Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 136–142. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.193.

Tridiatno, Y. A., & Suryanti, C. (2021). Cinta Tanah Air di Era Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 371. https://doi.org/10.17977/um019v6i2p371-382.

Wahyudi, E., & Wibawani, S. (2021). Pembentukan Sikap Rela Berkorban Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Patriotisme. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.33172/jpbh.v11i1.1169.

Widiastuti, N. E. (2022). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44.

Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24.

Yulianti, J., Thusa’diah, H., & Prastowo, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1907–1915. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1712.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Trisofirin, M., Januar Mahardani, A., Cahyono, H., Shohenuddin, & Rahadi Wiratmoko, B. (2023). Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 64–70. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58148

Issue

Section

Articles