Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58148Keywords:
nasionalisme, migran, non dokumen, sanggar bimbinganAbstract
Indonesia adalah negara dengan jumlah pekerja migran yang cukup besar, termasuk di Malaysia. Tidak sedikit anak pekerja migran Indonesia yang berstatus non dokumen dan hidup dalam kondisi sulit. Fenomena perpindahan migrasi tanpa dokumen memiliki pengaruh yang signifikan, salah satunya adalah terhadap karakter nasionalisme. Penelitian ini bertujuan menganalisis pandangan nasionalisme dari anak pekerja migran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini yaitu 3 peserta didik kelas 4, 5 dan 6 di sanggar bimbingan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak pekerja migran Indonesia memiliki sikap nasionalisme yang positif. Hal ini terlihat dari penilaian pada 5 indikator nasionalisme yang meliputi kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, cinta tanah air dan bangsa, kesediaan berkorban demi kepentingan bangsa, penerimaan terhadap perkembangan zaman, dan kebanggaan dengan warisan budaya. Sikap positif tersebut diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Temuan peneliti menunjukkan bahwa status pekerja migran non dokumen tidak menjadi penghalang bagi anak pekerja migran Indonesia untuk memiliki sikap nasionalisme yang positif. Pemerintah Indonesia dan Malaysia dapat berperan aktif dalam meningkatkan kondisi dan hak-hak anak pekerja migran Indonesia di Malaysia serta mendukung pendidikan dan pemahaman tentang nasionalisme yang lebih baik.
References
Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan dan Hubungan Kerja Di Indonesia Industrial. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 268–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49. DOI: https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Agung, D. (2017). Memperkokoh identitas nasional untuk meningkatkan nasionalisme. Media Informasi Kementrian Pertahanan Wira, 69(53), 6–12. https://www.kemhan.go.id/wp-content/uploads/2018/01/ wiraindowebnovdeskomplit.pdf.
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.
Alunaza, H., Cantika, S., Anggara, D. M., Umniyah, A., Anindya, K., Putri, S., & Manurung, G. N. (2022). Analisis Diplomasi Indonesia-Malaysia Dalam Menangani Praktek Penyelundupan Pekerja Ilegal Di Perbatasan Aruk Kalimantan Barat. Journal of International Relations (JoS), 1(1), 1–19. https://unimuda.e-journal.id/jurnalhubunganinternasional/article/view/2642.
Arwildayanto, Arifin, S., & Warni, S. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif Dan Aplikatif. Jurnal Kebijakan Publik, 53(9), 1689–1699. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/3153.
Aswindo, M., & Hanita, M. (2021). Kerentanan dan Ketahanan Pekerja Migran Indonesia di Malaysia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lemhannas RI, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.372. DOI: https://doi.org/10.55960/jlri.v9i1.372
Ayunda, R., Yusuf, R. R., & Disemadi, H. S. (2021). Efektivitas Kebijakan Pemerintah Tentang Perlindungan Sosial Pekerja Migran Indonesia: Studi Hukum di Provinsi Kepulauan Riau. JUSTISI, 7(2), 89–104. https://doi.org/10.33506/js.v7i2.1248. DOI: https://doi.org/10.33506/js.v7i2.1248
Aziz, Z. A., Yusuf, Y. Q., Nasir, C., & Masyithah, C. (2017). Cross-Linguistic Influences Of Malay Through Cartoons On Indonesian Children’s Language Use In The Home Domain. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7(2), 101. https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8135. DOI: https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8135
Baequni, Suryadi, & Hanim, Z. (2019). The school-based Pesantren in border state, an alternative to caracter education for children of Indonesian migrant workers ? International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(6), 26–29. https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282026. DOI: https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282026
Basuni, B. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1), 71. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740. DOI: https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) Di Purwakarta. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 1–7. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.723. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.723
Chriswuri, G. (2019). Analisis Terhadap Minat Kerja TKI Purna di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5929.
Farhan, M. F. (2022). Peran Nasionalisme dalam Kemandirian Bangsa dan Kemandirian Industri Pertahanan. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 52–58. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.8156. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.8156
Finaldin, T., & Yulianti, N. N. (2021). Implementasi Kerja Sama Indonesia Dan Malaysia Dalam Penanganan Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia Pada Pemerintahan Periode Kedua Susilo Bambang Yudhoyono (2009-2014). Global Mind, 3(1), 21–37. https://doi.org/10.53675/jgm.v3i1.229. DOI: https://doi.org/10.53675/jgm.v3i1.229
Hasanah, U. (2020). Internalisasi Ideologi Pancasila Melalui Lagu Kebangsaan Untuk Mencegah Memudarnya Nasionalisme. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 440. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.846
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466.
Kasih, E. (2018). Pelaksanaan Prinsip- Prinsip Demokrasi Dalam Sistem Politik Di Indonesia Guna Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 34(4), 1–87. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/121.
Mahardhani, A. J. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp56-63. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp56-63
Maksum, A., & Surwandono, S. (2018). Nasionalisme Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Di Malaysia dalam Narasi Media Sosial. Nation State: Journal of International Studies, 1(2), 159–179. https://doi.org/10.24076/nsjis.2018v1i2.124. DOI: https://doi.org/10.24076/NSJIS.2018v1i2.124
Malik, A. (2020). Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 101–108. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401. DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4401
Nada, S., Ekaprasetya, A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Millenial di Era Globalisasi melalui Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7853–7858. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2256.
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76. DOI: https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Nasirin, A. A. (2020). Profesionalisasi Buruh Migran Indonesia (BMI) dalam Revolusi Industri 4.0. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(1), 39–50. https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i1.1174. DOI: https://doi.org/10.33701/jmsda.v8i1.1174
Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214. DOI: https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 34–46. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10082. DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10082
Pranadita, N. (2020). Problematika Penempatan Tenaga Kerja Asing Kaitannya dengan Disharmonisasi Hubungan Kerja dan Nasionalisme Pekerja Lokal. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i1.4380.
Prasetyo, D. T., Tarma, & Putri, V. U. G. (2020). “Aku Masih Cinta Indonesia”: Studi Pendidikan Karakter Nasionalisme Dalam Keluarga Pada Anak-Anak Buruh Migran Indonesia Di Malaysia. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 87–97. https://doi.org/10.21009/jkkp.071.08. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.071.08
Puanandini, D. A. (2021). Penegakan Hukum Tindak Pidana Perdagangan Orang Pekerja Migran Indonesia. ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 14(2), 257–270. https://doi.org/10.15575/adliya.v14i2.9938. DOI: https://doi.org/10.15575/adliya.v14i2.9938
Rukiyati, R., Hajaroh, M., & Purwastuti, L. A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal Para Buruh Migran Di Hong Kong. Foundasia, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162. DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162
Saroni, S. (2018). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah. Aviasi : Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 15(1), 47–75. https://doi.org/10.52186/aviasi.v15i1.5. DOI: https://doi.org/10.52186/aviasi.v15i1.5
Suciati, A., & Sembiring, M. F. (2020). Penerapan Nilai Nasionalisme Terhadap Rasa Cinta Tanah Air (Studi di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat). Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 12–20. https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.267. DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v9i1.267
Suhada, M. (2019). Hubungan Sikap Dalam Upacara Bendera Dengan Rasa Nasionalisme Dalam Pelajaran PPKN Padasiswa Kelas X SMK Pelita Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 136–142. https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.193. DOI: https://doi.org/10.37755/jspk.v8i2.193
Tridiatno, Y. A., & Suryanti, C. (2021). Cinta Tanah Air di Era Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 371. https://doi.org/10.17977/um019v6i2p371-382. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v6i2p371-382
Wahyudi, E., & Wibawani, S. (2021). Pembentukan Sikap Rela Berkorban Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Patriotisme. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.33172/jpbh.v11i1.1169. DOI: https://doi.org/10.33172/jpbh.v11i1.1169
Widiastuti, N. E. (2022). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44. DOI: https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44
Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Populika, 7(1), 12–21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24. DOI: https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24
Yulianti, J., Thusa’diah, H., & Prastowo, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1907–1915. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1712. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1712
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marisa Trisofirin, Ardhana Januar Mahardani, Hadi Cahyono, Shohenuddin, Bimo Rahadi Wiratmoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)