Efikasi Diri dan Regulasi Diri Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa

Authors

  • Ni Kadek Anisa Ayu Nita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58234

Keywords:

Efikasi Diri, Regulasi Diri, Motivasi Belajar

Abstract

Keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran, bergantung pada diri sendiri dan lingkungan. Keinginan yang besar dari dalam diri sendiri untuk berhasil akan membuat seseorang semakin giat dalam belajar. Keinginan inilah yang disebut sebagai motivasi, hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV di SD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian expost facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 241 siswa, dengan sampel berjumlah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non tes menggunakan kuesioner (angket). Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh terdapat bahwa pengaruh X1 terhadap Y sebesar 38,2%. Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh terdapat pengaruh X2 terhadap Y sebesar 11,4%. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Y sebesar 49,6%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel efikasi diri dan regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar.

References

Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012.

Agustin, R., & Kumoro, J. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Administrasi, 3(4), 197–211. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/adp-s1/article/view/12853.

Amandha, B., & Ahmad, R. (2020). Academic Self-Efficacy Influencd is Seen in term of Learning Motivation. Jurnal Neo Konseling, 2(4), 2. https://doi.org/10.24036/00304kons2020.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11807.

Arsyad, N., Nasrullah, & Ildayanti. (2020). Pengaruh Regulasi Diri, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(1), 83. https://doi.org/10.35580/imed15293.

Aryanti, Y. D., & Muhsin. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas dan Kreativitas Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 243–260. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37169.

Asnunik, Y., & Emita. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Self Regulated Learning pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Diwek Jombang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1580712.

Dami, Z. A., & Parikaes, P. (2018). Regulasi Diri dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 82–95. https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/19.

Diawati, H., Komariah, K., & Norisanti, N. (2019). Peran Motivasi Kerja dan Efikasi Diri (Self-Efficacy) dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 99–108. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.628.

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Hadi, S. N. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3169–3176. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.824.

Harianto, A. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Dan Prestasi Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 8(2), 63–82. https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.4205.

Hines, M. G., & Lynch, R. (2019). The Relationship Of Grade 7 Students’ General Ict Use And Attitudes Towards Ict Use For School Related Activities With Ict Self-Efficacy In Eleven English Program Schools Of Thailand. Scholar : Human Sciences, 11(2), 366–384. http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/Scholar/article/view/4338.

Hum, M., & Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 41–52. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.

Khermarinah, Ansyah, E., & Anggraini, R. K. (2020). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 215–223. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/105.

Lidiawati, K. R., Sinaga, N., & Rebecca, I. (2021). Peranan Self-efficacy dan Intelegensi terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 110. https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p10.

Muhidin, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Berakhirnya Masa Orde Baru Dan Lahirnya Reformasi Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement. Ability: Journal of Education and Social, 2(2), 109–122. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/ download/183/154/653.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi, F. (2018). Hubungan Kelekatan Orangtua Dan Regulasi Diri Dengan Kemampuan Sosial Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50. https://doi.org/10.21009//jpud.121.04.

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Regulation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 87–112. https://doi.org/10.30653/001.201821.24.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 1(1), 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD /article/view/1076.

Rahmawati, R., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Model Arias Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p1-10.

Ruminta, R., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Perbedaan Regulasi Diri Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Vi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 286. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1463.

Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872.

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008.

Simamora, L., & Jusnita, H. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 1(1), 92–102. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i2.1617.

Sucitno, F., Sumarna, N., & Silondae, D. P. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa. Jurnal Sublimapsi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i3.14307.

Tafdhila, T., & Marleni, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.832.

Yudhiarti, N. P. (2021). Regulasi Diri dalam Belajar Siswa SD di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Al-Ilmu, 1(1), 50–55. https://ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Al-Ilmu/article/view/27.

Yundani, Y. C. (2022). Regulasi Diri Dalam Membangun Motivasi. Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 4(1), 21–35. https://jurnal.stidsirnarasa.ac.id/index.php/iktisyaf/article/download/71/37.

Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Nita, N. K. A. A., & Agustika, G. N. S. . (2023). Efikasi Diri dan Regulasi Diri Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar pada Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 81–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58234

Issue

Section

Articles