Model Pembelajaran Aktif Berbantuan Media Fun Thinkers Pada Tema Benda, Hewan Dan Tanaman Disekitarku Terhadap Keterampilan Calistung

Authors

  • Meri Dwi Safitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Firstia Wirabrata Dewa Gede Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58277

Keywords:

Active Learning Model, Fun Thinker, Calistung Skill, Model Pembelajaran Aktif, Calistung

Abstract

Pembelajaran yang tidak efektif disebabkan karena pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga membuat siswa memiliki daya ingat dan pengetahuan yang lemah. Hal ini memberikan dampak pada siswa menjadi lebih pasif dalam belajar dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers pada tema Benda, Hewan dan Tanaman Disekitarku terhadap keterampilan calistung siswa kelas I. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi berjumlah 67 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal essay. Teknik analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers pada tema Benda, Hewan, dan Tanaman Disekitarku terhadap keterampilan calistung siswa kelas I. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif berbantuan media Fun Thinkers dapat meningkatkan hasil belajar calistung siswa kelas I Tema Benda, Hewan, Dan tanaman Disekitarku.

References

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.

Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760.

Bawa, J. K., & Basu, S. (2020). Restructuring assets reform, 2013: Impact of operational ability, liquidity, bank capital, profitability and capital on bank credit risk. IIMB Management Review, 32(3), 267–279. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2019.10.009.

Bdiwi, R., de Runz, C., Faiz, S., & Cherif, A. A. (2019). Smart learning environment: Teacher’s role in assessing classroom attention. Research in Learning Technology, 27(1). https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2072.

Boyd, L. (2019). Using Technology-Enabled Learning Networks to Drive Module Improvements in the UK Open University. Journal of Interactive Media in Education, 1(1). https://doi.org/10.5334/jime.529.

Chiroma, H., Mohd Shuib, N. L., Abubakar, A. I., Zeki, A. M., Gital, A. Y., Herawan, T., & Abawajy, J. H. (2017). Advances in Teaching and Learning on Facebook in Higher Institutions. IEEE Access, 5(1), 480–500. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2016.2643682.

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi pengembangan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649.

Friantary, H., & Martina, F. (2018). Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 76–95. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.202.

Gandamana, A., & Rezky, S. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Scientific Pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Di SDN 060912 Medan Denai. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36–45. https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25069.

Handayani, N. P. R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.

Ihsan, I. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 489. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799.

Jummita, J., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Calistung pada Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku untuk Siswa SD Kelas 1. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 302. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37258.

Kibtiah, M., Hendracipta, N., & Andriana, E. (2021). Developing Fun Thinkers Book Learning Media On The Topic Of Peristiwa Alam Yang Terjadi Di Indonesia At Grade V Of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 829. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8144.

Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan video tematik sebagai pengantar pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233.

Kurniasari. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Kurniawan, F. Y., Siahaan, S. M., & Hartono, H. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis adventure game pada materi prinsip animasi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.28488.

Kurniawati, D., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387.

Lubis, N. F. E. (2020). Validitas pengintegrasian pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran kimia kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills siswa ditinjau dari kelayakan isi. Jurnal Education and Development, 8(2), 328–331. https://doi.org/10.37081/ed.v8i2.1710.

Margarita, N. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Dengan Model PBL Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15388.

Martella, A. M., Yatcilla, J. K., Park, H., Marchand-Martella, N. E., & Martella, R. C. (2021). Investigating the active learning research landscape through a bibliometric analysis of an influential meta-analysis on active learning. Social Sciences, 1(9), 228. https://doi.org/10.1007/s43545-021-00235-1.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279.

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.

Ningsih, D. P., & Maulida, I. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV di SDN I Gapuk. Jurnal Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v3i1.988.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113.

O’Connor, N. (2021). Using active learning strategies on travel and tourism higher education programmes in Ireland. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29(1). https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2021.100326.

Paramita, N. M. A. S., Rati, N. W., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957.

Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717.

Qiu, Y., & Jiang, F. (2022). A review on passive and active strategies of enhancing the safety of lithium-ion batteries. International Journal of Heat and Mass Transfer, 184(1). https://doi.org/10.1016/j.ijheatmasstransfer.2021.122288.

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130.

Rohita, R., Fitria, N., Bustan, R., & Haryadi, D. (2018). Teacher’s Understanding of the Scientific Approach in the 2013 Curriculum for Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 235. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.105.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.

Setiawan, D. agus, & Kumala, F. N. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783.

Sukma, H. H., & Amalia, N. R. (2021). Pengembangan Media Fun Thinkers Dalam Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 112–122. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189.

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017.

Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 308–318. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.25472.

Swanson, E., McCulley, L. V, Osman, D. J., Scammacca Lewis, N., & Solis, M. (2019). The effect of team-based learning on content knowledge: A meta-analysis. Active Learning in Higher Education, 20(1), 39–50. https://doi.org/10.1177/1469787417731201.

Syafrijal, & Desyandri. (2019). Deveopment Of Integrated Thematic Teaching Materials With Project Based Learning Models In Class IV of Primary School. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.110.

Thoyyibah, N., Hartono, R., & Anggani L. Bharati, D. (2019). The Implementation of Character Education in the English Teaching Learning Using 2013 Curriculum. English Education Journal, 9(2), 254–266. https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.30058.

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model Pembelajaran Sets (Science, Environment, Technology, Society) Berbantuan Virtual Lab Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 141. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776.

Winarti, H., & Lestari, I. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 108–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983.

Wulandari, E. (2019). Profil Kemampuan Menyusun Rencana Pembelajaran Saintifik oleh Calon Guru Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 88–95. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.88-95.

Zulkifli, M. (2018). Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.29.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Dwi Safitri, M., Tri Agustiana, I. G. A., & Dewa Gede , F. W. (2023). Model Pembelajaran Aktif Berbantuan Media Fun Thinkers Pada Tema Benda, Hewan Dan Tanaman Disekitarku Terhadap Keterampilan Calistung. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58277

Issue

Section

Articles