ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENURUT PENDEKATAN SAINTIFIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Komang Ardianti .
  • Drs. I Ketut Gading,M.Psi .
  • I Kadek Suartama, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kadar kesaintifikan pembelajaran bahasa Indonesia, (2) perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintfikan tinggi dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintifikan sedang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan inferensial dengan populasi penelitian proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik insidental yaitu proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 3 Banjar Jawa yang berlangsung selama seminggu saat penelitian dilakukan. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, kuesioner, dan pedoman observasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintifikan pembelajaran tinggi dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintifikan pembelajaran sedang. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintifikan tinggi lebih tinggi prestasi belajarnya daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kadar kesaintifikan sedang.
Kata Kunci : Kadar kesaintifikan pembelajaran, Hasil Belajar

This study aim to: (1) determin the levels of learning secientificnes Indonesian, (2)Indonesian differences in learning outcomes among students who take high scientificnes learning levels and learning with students who follow a low scientificnes levels. This study is a descriptive and inferential learning with study population Indonesian V grade students SD Negeri 3 Banjar Jawa in the academic year 2014/2015. Samples were taken with a technique that is incidental learning Indonesian V grade students SD Negeri 3 Banjar Jawa that took place during a week when the study was conducted. Data were collected using achievement test, questionnaire and observation guidelines, then analyzed using descriptive statistics analisia and inferential statistics (t-tes). The research found that there are differences in the results between students who take the learning with high levels of scientificnes learning and the learning of students who take the low levels of scientificnes learning.students who take hing scientificnes learning with higher levels of learning achievement of the students who take scientificnes low learning levels.
keyword : scientific approach, Indonesian learning outcomes

Published

2015-08-05

How to Cite

., K. A., ., D. I. K. G., & ., I. K. S. S. (2015). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENURUT PENDEKATAN SAINTIFIK DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5859

Issue

Section

Articles