Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Short Card Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.59822Keywords:
Pembelajaran, Short Card, Literas, KemampuanAbstract
Guru kurang membangun kesadaran literasi pada siswa sehingga berdampak pada literasi sains dan metakognitif siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media Short Card terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi pada materi siklus air. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model 4-D. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa. Metode pengumpulan data adalah metode wawancara, studi dokumentasi, kuisioner dan tes. Instrument menggunakan kuesioner. Teknik analisis yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu validasi aktivitas adalah 4,7 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji manova diperoleh signitifikasi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains dan kemampuan metakognitif antara siswa mengikuti aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran Short Card. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran Short Card dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada siswa.
References
Abubakar, L., & Handayani, T. (2021). Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional Akibat Covid-19 Melalui Restrukturisasi Kredit Perbankan. RechtIdee, 16(1). https://doi.org/10.21107/ri.v16i1.10194. DOI: https://doi.org/10.21107/ri.v16i1.10194
Afni, N., Agung, M., Fitk, R., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, 10(1), 47–68. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V10I1.129. DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129
Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Indrasuari, N. K. S. (2017). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 138. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323
Agustina, I. R., Andinasari, A., & Lia, L. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Zat Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2491
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978.
Alhefnawi, M. A. M. (2021). Assessing the efficacy of online handouts and active lectures in learning outcomes at the engineering undergraduate level. Ain Shams Engineering Journal, 40. https://doi.org/10.1016/j.asej.2021.02.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.asej.2021.02.012
Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288
Atmaji, R. D., & Maryani, I. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.687
Azimi, Rusilowati, & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754
Buchory, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The development of a learning media for visualizing the pancasila values based on information and communication technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3). https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748.
El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa Pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662
Fedorov, A., & Mikhaleva, G. (2020). Current Trends in Media and Information Literacy in Research and Scientific Publications of the early 21 st century. International Journal of Media and Information Literacy, 5. https://doi.org/10.13187/ijmil.2020.2.153. DOI: https://doi.org/10.13187/ijmil.2020.2.153
Fitriana, Lesmanawati, & Maknun. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inquiri Sederhana Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Ma Khas Kempek Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v3i1.555.
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2021). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76. DOI: https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76
Harahap, N. A., Ummah, K., Rohanawati, A. N., & Mardhatillah, S. R. (2019). Pengembangan model pembelajaran Student Center Learning (SCL) berbasis aktivitas pada mata kuliah Pendidikan Pancasila di Fakultas Hukum. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 1(2), 199–212. https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss2.art8. DOI: https://doi.org/10.20885/rpi.vol1.iss2.art8
Husein, M. Bin. (2020). Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(1), 56–67. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381. DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2381
Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3. DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3
Izati, S. N., Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(9), 1122—1127-1127. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508.
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197–102. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156
Jannah, A., Mayub, A., Hamdani, D., Raya, J., & Limun Bengkulu, K. (2021). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Sma Negeri Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.33369/JKF.4.2.93-102. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.93-102
Jayanti, E. D., Aryana, I., & Gunamantha, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau dari Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 55–64. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2681. DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2681
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Lestari, H., & Siskandar, R. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa : Alternatif P Embel Ajaran Di Kurikulum 2013. At-Ta’li, 5(2), 93–106.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mawarni, I. T. A., Ratnasari, N., Handayani, A. N., Muladi, Wibowo, E. P. A., & Untari, R. S. (2020). Effectiveness of Whatsapp in Improving Student Learning Interests During The Covid-19 Pandemic. 3–7.
Narayan, V., Herrington, J., & Cochrane, T. (2019). Design principles for heutagogical learning: Implementing student-determined learning with mobile and social media tools. Australasian Journal of Educational Technology, 35(3), 86–101. https://doi.org/10.14742/ajet.3974. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.3941
Nkhoma, M., Sriratanaviriyakul, N., & Quang, H. L. (2017). Using case method to enrich students’ learning outcomes. Active Learning in Higher Education, 18(1). https://doi.org/10.1177%2F1469787417693501. DOI: https://doi.org/10.1177/1469787417693501
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Nugraha, C. A., & Wahyono, S. B. (2019). Developing Interactive Multimedia Learning for Psychomotor Domain to Students of Vocational High School. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(2), 220–235. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.21797. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.21797
Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.529
Putri, K., & Dirgantoro, S. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Metacognitive Skill. 3(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v3i1.78
Rahayuni, G. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824.
Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
Siddiq, Y. I., Sudarma, K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Soeoed, R., Rachmawaty, N., & Huzzin As’ari, M. (2018). Evaluation on the use of animated narrative video in teaching narrative text. SHS Web of Conferences, 42, 00087. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200087
Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Physics Communication, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i1.8961.
Tanjung, Y. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Teknik Polya terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika Matematika II. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(2), 1–26. https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i2.10808. DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i4.7780
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Usmeldi. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. JPPPF (JUrnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/1.02101. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02101
Van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of Flipping the Classroom on Learning Outcomes and Satisfaction: A Meta-Analysis. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003
Wahyu Lestari, Fatinatus Selvia, & Rohmatul Layliyyah. (2019). Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263. DOI: https://doi.org/10.36835/attalim.v5i2.263
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Zulfa, L. N., & Haryanto. (2021). Pengaruh Media Macromedia Flash terhadap Literasi Sains dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 52–64. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18266
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Made Aryawan Adijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)