Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60203Keywords:
Problem Based Lerning Learning Outcomes scienceAbstract
Rendahnya hasil belajar IPA di sekolah dasar cenderung disebabkan karena proses pembelajaran yang masih dilakukan dengan berpusat kepada guru, sehingga siswa tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis pentingnya penerapan model pembelajaran yang efektiv diterapkan kepada siswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian quasy experimental design. Populasi dalam penelitian ini yakni 211 siswa kelas V SD. Penarikan sampel dalam penelitian dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel akhir yakni 45 siswa kelas V. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode non tes, dengan instrument penelitian berupa instrumen tes berbentuk soal Objektif. Data dalam penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, berdasarkan analisi deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontol. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mind map terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.
References
Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.766
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.
Elci, T. N., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 54–62. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.484
Elizabeth, A., & Maria, M. . (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/E3J/article /download/24990/16098. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Fembriani, F. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA dan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 100–106. https://doi.org/10.46772/kontekstual .v3i02.661. DOI: https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Herutomo, R. A., Hajeniati, N., & Mustari, F. (2020). Model Problem-Based Learning Berpendekatan Matematika Realistik untuk Mendukung Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9840. DOI: https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9840
Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono, W. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327. DOI: https://doi.org/10.25157/jpb.v9i1.5327
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Khoirunnisa, A., Nulhakim, L., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata Pelajaran IPA. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10559. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10559
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1(1), 17–30. https://madrascience.com/index.php/ms/article/view/62.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911
Lelamula, M. D., Sasinggala, M., & Paat, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP. Sciening : Science Learning Journal, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1294. DOI: https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1294
Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503–514. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552
Maarif, R. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Kreativitas Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 5 SD Negeri Tingkir Tengah 01 Tahun 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1577. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1577
Murdianingsih, A. K., & Sumarno, J. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Comic Book IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 46–52. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/297. DOI: https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.297
Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130. https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2 ,%20Oktober.648.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645. DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Rasimin, R., Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 314–320. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.261. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.261
Rati. (2022). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning (pbl) menggunakan aplikasi articulate storyline pada materi ikatan kimia 1,2,3. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 6(1), 70–79. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal /article/download/21799/10065. DOI: https://doi.org/10.33369/alo.v6i1.21799
Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7859.
Sakti, B. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Tema Karakteristik Geografis Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Model Mind Mapping. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 218–229. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.659
Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848
Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
Sukmawati, A. (2020). Meta Analisis Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30211. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30211
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Umbara, I. A. A., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 13. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953
Widia, W., Sarnita, F., Fathurrahmaniah, F., & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2). https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1459. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1459
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174
Yuniar, V., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Menggunakan Bantuan Mind Mapping terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 44–54. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.1165. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.1165
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Zuhaida, A., & Mubtasyiroh, Z. (2022). Efektivitas Model Project Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 119–129. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24440. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24440
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arista Sastra; Tri Agustiana, Ari Dharmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)