E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ni Made Indah Junia Indah Junia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wayan Sujana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243

Keywords:

e-modul, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang efisien membuat pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain, ahli media, serta 30 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Adapun instrument penelitian yang digunakan yakni berupa Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ahli isi mata pelajaran memperoleh hasil 91% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji peorangan 98%, uji kelompok kecil 97%, uji lapangan 96,7%. Hasil uji efektivitas didapatkan terdapat terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila. Disimpulkan bahwa E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila layak dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS.

References

Aditya, M. L. N., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Video Pembelajaran Desa Penglipuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534.

Amini, A., & Okra, R. (2021). Perancangan E-Modul “ALKI” Pada Mata Pelajaran Kimia Bagi Siswa Kelas X Berbasis Mobile di SMAN 1 Mapat Tunggul. Jurnal Ilmiah Informatika, 6(2), 93–104. https://doi.org/10.35316/jimi.v6i2.1299.

Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 38 Kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199.

Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran IPS di SMP negeri 1 singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asrori, L. A., Rofian, R., & Priyanto, W. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Montase Kelas IV Sekolah Dasar. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 17. https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1463.

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566.

Damayanti, N., & Nawawi, E. (2023). Implemntasi Kebhinekatunggalikaan Dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 75–86. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.144.

Darwin, W., Ridwan, ., & Ahyanuardi, . (2020). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Siswa TKJ Tingkat SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 147. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27259.

Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750.

Hakim, M. L., Asrowi, A., & Akhyar, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi Bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537.

Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518–525. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116.

Kristianawati, K., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 143. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.996.

Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866.

Maharcika, A. A., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240.

Mardiyah, A. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggologan Hewan Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Gubug. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 97. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393.

Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 195. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15700.

Mutaqqin, Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613.

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 46–54. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.2270.

Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2023). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747.

Rahmadani, Y., Yuniawatika, Y., & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854.

Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875.

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/460.

Raqzitya, F. A., Agung, A., & Agung, G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41590.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.

Sartilah, F., Satinem, S., & Gusti Satri, T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Iv Sd Negeri 41 Kota Lubuklinggau. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 38. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4605.

Sinaga, A., & Simbolon, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaeran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Transportation Kelas Iii Sd Swasta Pab 20 Bandar Klippa T.A 2020/2021. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 38. https://doi.org/10.24114/js.v5i4.28201.

Siswanto, D., Muhammad Sadar, & Lasri Nijal. (2021). Bahan Ajar Menggunakan Sparkol Videoscribe Berbasis Multimedia untuk Technoprenuership Peningkatan Mutu Pembelajaran. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.6187.

Sugino, S. (2021). Meningkatkan Penguasaan Mata Pelajaran PKn tentang Budaya Indonesia melalui Penugasan dengan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak. Jurnal Pendidikan, 30(2), 283. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1448.

Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tamami, S. (2020). Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 178. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186.

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.

Zulfadli, Z., Puspita, K., & Sulastri, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran Kimia Sma Kelas X Materi Struktur Atom. Chimica Didactica Acta, 10(2), 39–45. https://doi.org/10.24815/jcd.v10i2.27310.

Downloads

Published

2023-05-06

How to Cite

Indah Junia, N. M. I. J., & I Wayan Sujana. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243

Issue

Section

Articles