E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243Keywords:
e-modul, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Proses pembelajaran yang kurang efisien membuat pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada mata pelajaran IPAS materi kekayaan budaya Indonesia pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli isi pembelajaran, ahli desain, ahli media, serta 30 siswa kelas IV SD. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Adapun instrument penelitian yang digunakan yakni berupa Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika infrensial (uji-t). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ahli isi mata pelajaran memperoleh hasil 91% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji peorangan 98%, uji kelompok kecil 97%, uji lapangan 96,7%. Hasil uji efektivitas didapatkan terdapat terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila. Disimpulkan bahwa E-Modul interaktif berbasis profil pelajar Pancasila layak dan efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS.
References
Aditya, M. L. N., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Video Pembelajaran Desa Penglipuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534
Amini, A., & Okra, R. (2021). Perancangan E-Modul “ALKI” Pada Mata Pelajaran Kimia Bagi Siswa Kelas X Berbasis Mobile di SMAN 1 Mapat Tunggul. Jurnal Ilmiah Informatika, 6(2), 93–104. https://doi.org/10.35316/jimi.v6i2.1299. DOI: https://doi.org/10.35316/jimi.v6i2.1299
Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 38 Kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52. DOI: https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52
Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya Di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 8(2), 217–229. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan e-modul interaktif mata pelajaran IPS di SMP negeri 1 singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Asrori, L. A., Rofian, R., & Priyanto, W. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran SBdP Materi Montase Kelas IV Sekolah Dasar. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 17. https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1463. DOI: https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i1.1463
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566
Damayanti, N., & Nawawi, E. (2023). Implemntasi Kebhinekatunggalikaan Dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 75–86. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.144. DOI: https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.144
Darwin, W., Ridwan, ., & Ahyanuardi, . (2020). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Siswa TKJ Tingkat SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 147. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27259. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27259
Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750
Hakim, M. L., Asrowi, A., & Akhyar, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Profesi Bagi Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Huda Wonogiri. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 249–263. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.9537
Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518–525. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116
Kristianawati, K., Degeng, I. N. S., & Sugito, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 143. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.996. DOI: https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.996
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Maharcika, A. A., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240
Mardiyah, A. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penggologan Hewan Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Gubug. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 97. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393. DOI: https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.393
Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 195. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15700. DOI: https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15700
Mutaqqin, Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85
Purwaningtyas, A. H., & Mardati, A. (2020). Pengembangan Media Kartu Pintar (Katar) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bagi Siswa Kelas Ii Sd. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 46–54. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.2270. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.2270
Putri, D. P. S., & Wiarta, I. W. (2023). E-Book Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sejarah Kerajaan di Nusantara pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 502–513. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57747
Rahmadani, Y., Yuniawatika, Y., & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854. DOI: https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846–1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/460.
Raqzitya, F. A., Agung, A., & Agung, G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41590.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561
Sartilah, F., Satinem, S., & Gusti Satri, T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Iv Sd Negeri 41 Kota Lubuklinggau. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(1), 38. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4605. DOI: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4605
Sinaga, A., & Simbolon, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaeran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Transportation Kelas Iii Sd Swasta Pab 20 Bandar Klippa T.A 2020/2021. Js (Jurnal Sekolah), 5(4), 38. https://doi.org/10.24114/js.v5i4.28201. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i4.28201
Siswanto, D., Muhammad Sadar, & Lasri Nijal. (2021). Bahan Ajar Menggunakan Sparkol Videoscribe Berbasis Multimedia untuk Technoprenuership Peningkatan Mutu Pembelajaran. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.6187. DOI: https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.6187
Sugino, S. (2021). Meningkatkan Penguasaan Mata Pelajaran PKn tentang Budaya Indonesia melalui Penugasan dengan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karanglincak. Jurnal Pendidikan, 30(2), 283. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1448. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1448
Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tamami, S. (2020). Pengembangan Modul PPKn Berbasis Masalah pada Materi Norma dan Keadilan Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 178. https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v5i1p178-186
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
Zulfadli, Z., Puspita, K., & Sulastri, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran Kimia Sma Kelas X Materi Struktur Atom. Chimica Didactica Acta, 10(2), 39–45. https://doi.org/10.24815/jcd.v10i2.27310. DOI: https://doi.org/10.24815/jcd.v10i2.27310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Indah Junia Indah Junia, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)