PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 1 SANGSIT

Authors

  • Kadek Agus Mahendra .
  • Dra. Ni Wayan Arini,M.Pd .
  • Drs. Made Sumantri .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media gambar berseri dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sangsit. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Sangsit yang berjumlah 70 orang. Semua populasi menjadi sampel penelitian. Data keterampilan berbicara siswa dikumpulkan dengan metode tes lisan (performance). Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) dibantu dengan menggunakan SPSS-PC 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media gambar berseri adalah 81,41 lebih besar daripada rata-rata skor kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu sebesar 69,11. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa thitung = 5,97 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 1,7676. Hal ini berarti thitung > ttabel. Dengan demikian pendekatan saintifik berbantuan media gambar berseri berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : pendekatan saintifik, gambar berseri, keterampilan berbicara

This study aimed at investigating the difference upon speaking skill of students taught using scietific approach through picture series and those taught using conventional teaching on the sixth grade students of SD Negeri 1 Sangsit. This study was quasi experimental using nonequivalent post-test only control group design. The population of this study was all of the sixth grade students of SD Negeri 1 Sangsit consisted of 70 students. All of population determined as the sample. Students’ speaking skill data were collected using performace (speaking performance) method. The data were analyzed using descriptive statistical analyzed and inferential statistic (t-test) is assisted by using SPPS-PC Statistic 16.0 for windows. The result showed that the mean score of study taught using scientific approach through picture series was 81,41 higher than those tauhgt using conventional teaching was 69,11. further, the result also showed that tobs > 5,97 and ttable (on significant value 5%) = 1,7676 it meant that tobs > ttable . In conclution, scientific approach throuh picture series have effect on speaking skill of the sixth grade students of SD N 1 Sangsit in Sawan subdistrict Buleleng regency in the academic year 2015/2016.
keyword : scientific approach, picture series, speaking skill

Published

2015-11-05

How to Cite

., K. A. M., ., D. N. W. A., & ., D. M. S. (2015). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 1 SANGSIT . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6184

Issue

Section

Articles