PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (COURSE REVIEW HORAY) DENGAN BANTUAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD

I Made Fandy Prasastha Kasna ., Drs. I Wayan Romi Sudhita,M.Pd. ., Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan bantuan permainan ular tangga pada siswa kelas II SD Negeri 4 Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 4 Banyuasri yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 4 Banyuasri. Berdasarkan hasil observasi, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 74 meningkat menjadi 84 (tinggi) pada siklus II. Persentase KKM siklus I adalah 53,38% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan bantuan permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SD Negeri 4 Banyuasri, Kecamatan buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2014/2015
Kata Kunci : Tujuan, Model CRH (Course Review Horay), Hasil Belajar

The purpose of this research is to improve the result of student’s learning in Mathematics course by applying model of learning that is CRH (Course Review Horay) which using Snakes and Ladders game for the second grade in SD Negeri 4 Banyuasri, Buleleng subdistrict, Buleleng regency in academic year 2014/2015. The type of this research is classroom step research that conducts in two cycles. Every cycle consists of planning, implementation of the step, observation and reflection. The subject of this research is the second grade student of SD Negeri 4 Banyuasri which numbers 42 students. The object of this research is the result of the student’s learning. Data collected by observation and test. The data were analyzed by using quantitative descriptive analysis technique. The result of the research indicates the average of the result of the student’s learning in the second grade of SD Negeri 4 Banyuasri. According to the result of the observation, the average of the learning result in the first cycle is 74 increase to 84 (high) in the second cycle. Presentase of minimum completeness criteria in the first cycle is 53,38% increase to 100% in the second cycle. According to the result of the research, it can conclude that the learning model of CRH (Course Review Horay) which help by using. Snakes and Ladder game which can increase the result of the student’s learning in Mathematics course for second grade in SD Negeri 4 Banyuasri, Buleleng subdistrict, Buleleng regency in academic year 2014/2015.
keyword : The purpose, model CRH (Course Review Horay), the result of student’s

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.