PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 3 SEBATU GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.640Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar PKn melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 3 Sebatu Gianyar tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 14 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 2 pertemuan. Setiap pertemuannya secara berdaur mulai perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Sebatu Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Peningkatan keaktifan tersebut ditunjukkan pada siklus II yakni keaktifan mencapai kriteria aktif, hasil belajar pada kriteria tinggi dan mencapai ketuntasan 85,71% sesuai indikator keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai. Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada semua guru kelas di sekolah dasar tempat penelitian hendaknya menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran PKn.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Keaktifan Belajar PKn dan Hasil Belajar PKn
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)