STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPA ANTARA MODELPEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Gst. A. E. Windhari, Gd. Sedanayasa, Md. Sumantri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.669

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningdan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen komparatif.Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Static Group Postest Design.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar IPA, dengan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan stasistik deskriptif dan statistisk inferensial uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningdan kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation.Hal ini terlihat dari hasil analisis uji t sampel tidak berkorelasi dengan thitung> ttabel (3,347 > 1,9960). Rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok Brain Based Learningadalah 135,617 berada pada kategori sangat tinggi dan kelompok Group Investigationadalah 127,571 berada pada kategori sangat tinggi.Hasil tersebutmenunjukkan bahwa, hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningterbukti lebih unggul 8,056 dibandingkan dengankelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation.

 

Kata-kata kunci:  model BBL, GI, hasil belajar.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Md. Sumantri, G. A. E. W. G. S. (2013). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPA ANTARA MODELPEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.669

Issue

Section

Articles