STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR IPA ANTARA MODELPEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.669Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningdan siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen komparatif.Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Static Group Postest Design.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar IPA, dengan menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan stasistik deskriptif dan statistisk inferensial uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningdan kelas yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation.Hal ini terlihat dari hasil analisis uji t sampel tidak berkorelasi dengan thitung> ttabel (3,347 > 1,9960). Rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok Brain Based Learningadalah 135,617 berada pada kategori sangat tinggi dan kelompok Group Investigationadalah 127,571 berada pada kategori sangat tinggi.Hasil tersebutmenunjukkan bahwa, hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Brain Based Learningterbukti lebih unggul 8,056 dibandingkan dengankelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation.
Kata-kata kunci: model BBL, GI, hasil belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)