PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SCRIPT BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUSUNGBIU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.676Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskrpisi hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif script berbantuan peta pikiran, (2) deskripsi hasil belajar IPA siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif script berbantuan peta pikiran dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain non equivalent post test only group control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Busungbiu. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Dari 8 SD yang ada di desa Busungbiu diperoleh 2 SD yaitu SD Negeri 2 Busungbiu sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 1 Busungbiu sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa; (1) hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif script berbantuan peta pikiran berada pada tingkat kategori sangat tinggi (diatas rata-rata sebesar 31,56), (2) hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional berada pada tingkat kategori sedang (diatas rata-rata sebesar 22,97), (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif script berbantuan peta pikiran dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 13,84> ttabel = 2,00). Adanya perbedaan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif script berbantuan peta pikiran lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA.
Kata-kata kunci: kooperatif script, peta pikiran, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)