PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MENGARANG DESKRIPSI KELAS IV GUGUS IV KECAMATAN JEMBRANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.677Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar mengarang deskripsi dalam Bahasa Indonesia sebelum diterapkan model pembelajaran sinektik berbantuan media benda konkret, (2) deskripsi hasil belajar mengarang deskripsi dalam Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran sinektik berbantuan media benda konkret, (3) perbedaan hasil belajar mengarang deskripsi dalam Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media benda konkret dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu. Populasi penelitian yaitu kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Jembrana, tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 197 siswa. Sampel penelitian SD Negeri 3 Pendem berjumlah 25 siswa dan SD Negeri 6 Pendem berjumlah 30 siswa. Data hasil belajar mengarang deskripsi dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar mengarang deskripsi dalam Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media benda konkret dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 6,35>ttabel = 2,000). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa model pembelajaran sinektik berbantuan media benda konkret lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar mengarang deskripsi dalam Bahasa Indonesia dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci: Sinektik, Benda Konkrit, Mengarang Deskripsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)