PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERMUATAN MEDIA CERITA RAMAYANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SD NO 3 BANJAR JAWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.678Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model konvensional, 2) deskripsi hasil belajar PKn siswa yang mengikuti model NHT bermuatan media cerita Ramayana, 3) perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT bermuatan media cerita Ramayana dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2012/2013 di SD No. 3 Banjar Jawa Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan subjek berjumlah 97 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan dengan metode tes berbentuk pilihan ganda. dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional berada pada katagori rendah, 2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT bermuatan media cerita Ramayana berada pada katagori tinggi, 3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model NHT bermuatan media cerita Ramayana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Hal ini berarti model NHT bermuatan media cerita Ramayana berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn. Karena itu, dalam pembelajaran PKn dapat digunakan model pembelajaran NHT bermuatan media cerita Ramayana untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci: NHT, cerita Ramayana, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)