PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG

Authors

  • I Ketut Darjika Astu
  • Drs. Ndara Tanggu Renda
  • I Kadek Suartama, S.Pd., M.Pd.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.67906

Keywords:

MPP, berbasis lingkungan, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika siswa  Kelas V SD di gugus VIII Kecamatan Buleleng semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Nonequeivalent Post Test Only Control Group Design. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng sebanyak 121 siswa. Sampel yang telah setara kemudian diacak (random sampling) sehingga di dapat kelas eksperimen adalah SD N 2 Paket Agung dan SDN 1 Paket Agung sebagai kelas kontrol sebanyak 82 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen 21,43 dan kelas kontrol sebesar 16,65 yang kemudian dianalisis dengan uji-t untuk sampel independent dengan rumus polled varians sehingga diperoleh t-hitung= 4,3. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel ( 4,3 > 1,66), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika siswa  Kelas V SD di gugus VIII Kecamatan Buleleng semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

BNSP.2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Dwiningrat,dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Singaraja: Undiksha

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hanum, Mufidah.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missiouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Membandingkan Nilai Pecahan Kelas V SDN Gayam 1 dan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Tersedia pada https://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa /fileartikel/2016/12.1.01.10.0387.pdf (diakses 25 Februari 2017)

Koyan, I wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kualititatif. Singaraja: Undiksha Press

Krismanto, AL. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika

Kyle, Regina M.J. 1985. Reaching For Excellence An Effective Schools Source Book. Washington, D.C : The National Institute of Education, tersedia pada http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED257837.pdf (diakses pada tanggal 3 Februari 2017)

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan .Jakarta : PT RINEKA CIPTA

Muhsetyo, dkk.2008.Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka DepartemenPendidikan Nasional.

Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara

Rakhmat dan Suherdi.1999.Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SD.

Rasana, Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press

Rohani, Ahmad. 2004. PengelolaanPengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Setyosari, H.Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Susilana dan Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Undang – undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://eprints.dinus.ac.id/14666/1/uu_20-2003_sisdiknas.pdf (diakses tanggal 2 Februari 2017)

Utami, Riski. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missiouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari kemampuan verbal pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1125/871 (diakses tanggal 10 Januari 2017)

Wulandari,ddk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Missori Mathematis Project Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Tersedia pada http://id.portalgaruda.org/article. php?article=444249&val=9364 (diakses tanggal 10 Januari 2017)

Downloads

Published

2017-07-19

How to Cite

I Ketut Darjika Astu, Drs. Ndara Tanggu Renda, & I Kadek Suartama, S.Pd., M.Pd. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG . MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.67906

Issue

Section

Articles