PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.67906Keywords:
MPP, berbasis lingkungan, hasil belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V SD di gugus VIII Kecamatan Buleleng semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Nonequeivalent Post Test Only Control Group Design. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng sebanyak 121 siswa. Sampel yang telah setara kemudian diacak (random sampling) sehingga di dapat kelas eksperimen adalah SD N 2 Paket Agung dan SDN 1 Paket Agung sebagai kelas kontrol sebanyak 82 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalisis yaitu tes. Skor tes siswa berupa nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen 21,43 dan kelas kontrol sebesar 16,65 yang kemudian dianalisis dengan uji-t untuk sampel independent dengan rumus polled varians sehingga diperoleh t-hitung= 4,3. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t-test > t-tabel ( 4,3 > 1,66), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) berbasis lingkungan terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas V SD di gugus VIII Kecamatan Buleleng semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
References
BNSP.2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas
Dwiningrat,dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Singaraja: Undiksha
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hanum, Mufidah.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missiouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Membandingkan Nilai Pecahan Kelas V SDN Gayam 1 dan 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Tersedia pada https://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa /fileartikel/2016/12.1.01.10.0387.pdf (diakses 25 Februari 2017)
Koyan, I wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kualititatif. Singaraja: Undiksha Press
Krismanto, AL. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Matematika
Kyle, Regina M.J. 1985. Reaching For Excellence An Effective Schools Source Book. Washington, D.C : The National Institute of Education, tersedia pada http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED257837.pdf (diakses pada tanggal 3 Februari 2017)
Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan .Jakarta : PT RINEKA CIPTA
Muhsetyo, dkk.2008.Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka DepartemenPendidikan Nasional.
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah.Jakarta: Bumi Aksara
Rakhmat dan Suherdi.1999.Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SD.
Rasana, Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press
Rohani, Ahmad. 2004. PengelolaanPengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Setyosari, H.Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Susilana dan Riyana. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Undang – undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://eprints.dinus.ac.id/14666/1/uu_20-2003_sisdiknas.pdf (diakses tanggal 2 Februari 2017)
Utami, Riski. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Missiouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari kemampuan verbal pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1125/871 (diakses tanggal 10 Januari 2017)
Wulandari,ddk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Missori Mathematis Project Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Tersedia pada http://id.portalgaruda.org/article. php?article=444249&val=9364 (diakses tanggal 10 Januari 2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)