PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TSOI(TRANSLATING-SCULPTING-OPERATIONALIZING-INTEGRATING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI GUGUS VI KECAMATAN KUBU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.683Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSOI dengan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah (quasi experiment)dengan rancangan nonequivalentpost-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD kelas IV pada Gugus VI Kecamatan Kubu, yang terdiri dari 5 sekolah yaitu SDN 1 Tulamben, SDN 2 Tulamben, SDN 3 Tulamben, SDN 4 Tulamben dan SDN 5 Tulamben, tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini yaitu SDN 1 Tulamben dan SDN 2 Tulamben yang berjumlah 58 orang siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA dengan tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan stasistik deskriptif dan inferensial (uji-t separated varians).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model TSOI dan model pembelajaran konvensional. Perhitungan hasil belajar siswa nilai statistik Fhitung 10,374 > Ftabel 2,003 dan rata-rata skor hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TSOI adalah 16,22 yang berada pada kategori tinggi dan skor kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 8,84 yang berada pada kategori sedang, sehingga kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran TSOI menunjukkan hasil belajar IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci:TSOI, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)