PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERMEDIA LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DI SD NEGERI 1 BANYUNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.685Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum bermedia lingkungan dengankelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 57 orang. Sampel kelas dari penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan cara pengundian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimental semu dengan pola ”The Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep siswa diperoleh dengan tes objektif diperluas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep energi antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum bermedia lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung. Perbedaan tersebut dilihat dari hasil skor pemahaman konsep energi siswa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung=5,761>ttabel=2,004) pada taraf signifikansi 5%. Dengan kata lain, model pembelajaran quantum bermedia lingkungan berpengaruh terhadap pemahaman konsep energi siswa.
Kata kunci: modelpembelajaran quantum, media lingkungan,konsep energi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)