PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERMEDIA LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DI SD NEGERI 1 BANYUNING

Authors

  • Ni Pt Yastiti Dewi, I Km Sudarma, I G.A. Tri Agustiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.685

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum bermedia lingkungan dengankelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 57 orang. Sampel kelas dari penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan cara pengundian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimental semu dengan pola ”The Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep siswa diperoleh dengan tes objektif diperluas. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep energi antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum bermedia lingkungan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pengajaran langsung. Perbedaan tersebut dilihat dari hasil skor pemahaman konsep energi siswa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (thitung=5,761>ttabel=2,004) pada taraf signifikansi 5%. Dengan kata lain, model pembelajaran quantum bermedia lingkungan berpengaruh terhadap pemahaman konsep energi siswa.

Kata kunci: modelpembelajaran quantum, media lingkungan,konsep energi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I G.A. Tri Agustiana, N. P. Y. D. I. K. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERMEDIA LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DI SD NEGERI 1 BANYUNING. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.685

Issue

Section

Articles