PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS VII BONTIHING

Authors

  • Md. Sukarpiani, Kt. Dibia, Nym. Dantes

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.686

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang mengikuti metode pembelajaran Talking Stick dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri yang ada di gugus 7 Bontihing pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan  teknik random sampling dan diperoleh SD N 1 Bontihing sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan SD N 4 Bontihing sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Data Pemahaman Konsep IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep IPA antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran Talking Stick dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan t hitung = 45,75 dan t tabel = 2,00 untuk db = n1 + n2 – 2 = 60 dengan taraf signifikansi 5%.

 

Kata kunci: metode talking stick, pemahaman konsep, sains.

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Nym. Dantes, M. S. K. D. (2013). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS VII BONTIHING. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.686

Issue

Section

Articles